Peran Filsafat Ilmu dalam Dinamika Pendidikan di Era Abad 21

  • Muhammad Sholeh Universitas Jambi
  • Alirmansyah Universitas Jambi
Keywords: Filsafat, Pendidikan, Abad 21

Abstract

Filsafat merupakan pedoman yang dijadikan sebagai pandangan hidup masyarakat yang membahas mengenai objek-objek kemanusiaan secara keseluruhan dan mendalam. Filsafat bersifat sistematis yang berarti kajian-kajiannya selalu menunjukkan hubungan yang saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Filsafat bersifat universal yang berarti setiap kajiannya mengenai semua orang. Filsafat pendidikan merupakan upaya untuk memahami pendidikan secara menyeluruh dan mendalam yang dapat digunakan sebagai petunjuk bagi masyarakat dan kebijakan pendidikan. Filsafat dan pendidikan memiliki kaitan yang erat antara satu dengan yang lain baik pendidikan dalam arti teoritis maupun praktis. Seiring dengan perkembangan zaman, pendidikan mengalami perubahan yang signifikan mulai dari perkembangan model, teknik, strategi, media maupun pendekatan pembelajaran.

Pada Abad 21 merupakan pembelajaran yang mengaplikasikan kemampuan literasi, kecakapan pengetahuan, keterampilan dan sikap serta penguasaan terhadap teknologi. Kecakapan tersebut dapat dikembangkan dengan berbagai kegiatan yang sesuai dengan kompetensi siswa dan materi pembelajaran. Kecakapan yang dibutuhkan pada Abad 21 merupakan kecakapan berpikir tingkat tinggi (HOTS) guna mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan global.

References

Abd, M. (2015). Filsafat dalam pendidikan.
Amka. (2019). Filsafat Pendidikan. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(2), 135. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/208/181
Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(2).
Dwi, H. A. S., & Syukur, M. PENERAPAN PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SMA NEGERI 11 ENREKANG. Pinisi Journal of Sociology Education Review, 1(1), 144-152.
E-issn, J. P. I. (2020). Hubungan antara Filsafat dengan Pendidikan. 02(02), 22–30.
Hendriawan, D. (2019). Penerapan Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 2(2), 72-86.
Hikmawan, F. (2017). Perspektif Filsafat Pendidikan Terhadap Psikologi Pendidikan Humanistik. Jurnal Sains Psikologi, 6(1), 31-36.
https://adoc.pub/peran-filsafat-islam-dalam-dinamika-pendidikan-modern-di-ind.html
Idi, A., & JALALUDDIN, J. (2017). Filsafat Pendidikan; Manusia, Filsafat Dan Pendidikan. PT. Rajagrafindo Persada.
Jenilan. (2018). Filsafat Pendidikan. El-Afkar, 7(1), 69-74.
Kristiawan, M. (2016). Filsafat Pendidikan; The Choice Is Yours. Jogjakarta: Penerbit Valia Pustaka Jogjakarta.
Lukman, HS, Sutisnawati, A., & Setiani, A. (2022). MODEL TPACK-21 GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA SUKABUMI. ELSE (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 398-418.
M.Pd, D. M. K. (2016). Filsafatpendidikan_M-Kustiawan (Issue September 2016).
Mar’atus Sholikhah. (2020). Hubungan antara Filsafat dengan Pendidikan. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 22–30. https://doi.org/10.52166/tabyin.v2i2.89
Muthmainnah, A., Rahma, D., Ashifa, R., Rohmah, S., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9325-9332.
Nofrion, N., Wijayanto, B., Wilis, R., & Novio, R. (2018). Analisis technological pedagogical and content knowledge (TPACK) guru geografi di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Jurnal Geografi, 10(2), 105-116.
Purnomo, P. (2019). Penilaian Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skill). Cilacap: Candradimuka Pers.
Rukiyati, L. A. P. (2015). Mengenal Filsafat Pendidikan Paulo Freire (p. 164).
Sahidin, L., & Pradjono, R. (2022). Eksplorasi TPACK dalam Mendukung Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 212-227.
Said, J. U. (1994). Filsafat pendidikan agama Islam konsep dan perkembangan pemikirannya.
Saragih, H., Hutagalung, S., Mawati, A. T., Chamidah, D., Khalik, M. F., Sahri, S., ... & Kato, I. (2021). Filsafat Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Shafira, FA (2022). Filsafat Ilmu dalam Pendidikan. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa, 36-46.
Sugiarta, I. M., Mardana, I. B. P., Adiarta, A., & Artanayasa, W. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i3.22187
Sumantri, B. A. (2019). Pengembangan Kurikulum di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 27-50.
Syahputra, E. (2018, December). Pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Humaniora dan Pendidikan (QSinastekmapan), (Vol 1).
Thabrani, A.M. (2015). Filsafat Dalam Pendidikan. Jember: IAIN Jember Press.
Unwakoly, S. (2022). Berfikir Kritis dalam Filsafat Ilmu: Kajian dalam Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 95-102.
Wahana P. Filsafat Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta. Pustaka Diamond. 2016. h. 69-87.
Watson, J. B. (2017). Perspektif filsafat pendidikan terhadap psikologi pendidikan humanistik. Jurnal Sains Psikologi, 31–36.
Widodo, S. A. (2015). Pendidikan Dalam Perspektif Aliran-Aliran Filsafat. Yogyakarta: Idea Press.
Widyawati, S. (2013). Filsafat Ilmu Sebagai Landasan Pengembangan Ilmu Pendidikan. Gelar: Jurnal Seni Budaya, 11(1).
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U.N. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Data Manusia Di Era Global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).
Published
2022-12-30
How to Cite
Sholeh, M., & Alirmansyah. (2022). Peran Filsafat Ilmu dalam Dinamika Pendidikan di Era Abad 21. TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 4(2), 1-17. https://doi.org/10.52166/tabyin.v4i2.190
Section
Articles