Ontologi Islam Nusantara dalam Pendidikan Islam di Indonesia

  • Ubaidillah . STAI Ihyaul Ulum Gresik

Abstract

Di awal milenia kedua, Indonesia yang multi etnis dan multi agama, dan dikenal sebagai masyarakat yang toleran, sempat dikejutkan oleh beberapa kejadian bernuansa SARA. Kejadian-kejadian seperti ini, cukup menggangu bagi bangsa Indoensia mengingat sejarah panjang identitas Indoensia sebagai bangsa yang toleran dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Pendidikan memegang peran penting dalam membentuk sikap masyarakat, termasuk siakap toleran-intoleran. Hal ini dikarenakan salah satu fungsi dan tujuan pendidikan sebagai media tranafer of knowlwdge dan transfer of values. Dengan menggunanakan metode perpustakaan (librarry research) dan deskriptif, dan pengelolaan data dilakukan dengan proses mengedit, mengklasifikasikan, memverifikasi, menganalisis, dan menyimpulkan, penelitian ini berusaha menemukan jawaban atas berkembangnya intoleransi di Indonesia dengan menjassikan Islam Nusanatar sebagai landasan pendidikan Islam di Indonesia. Hasil kajian menunjukkan bahwa Islam Nusantara dengan paradigmanya yang tawazun, tawasuth, dan tasamuh yang terbingkai dalam sikap keberagamaan yang rahmatan lil ‘alamin, dapat menjadi jawaban sebagai landasan ontologis pelaksanaan Pendidikan Islam. Dengan paradigma keseimbangan yang menjadi ciri Islam Nusantara, Pendidikan Islam tidak hanya diorientasikan untuk mengejar kepentingan ukhrowi yang jsutru sangat rentan ketika dihadapkan pada sesuatu yang dikemas dengan label agama. 

References

Alfi, L. A. (2018). Konsep Ilmu Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas (Analisis buku Islam Dan Filsafat Sains). Tasfiyah, 2(2), 195. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v2i2.2580
Aminuddin, L. H., & Ulfah, I. (2021). Epistemology of Islam Nusantara: Transformation of Islamic Legal Thought in Nahdlatul Ulama (NU). Justicia Islamica, 18(2), 355–374. https://doi.org/10.21154/justicia.v18i2.3095
Bisyri, M. H. (2009). Mengakhiri Dikotomi Ilmu Dalam Dunia Pendidikan. Forum Tarbiyah, 7(2), 181–194.
Harahap, N. (2014). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra’, 4(1), 88–100.
Sila, M. A., & Fakhruddin. (2020). Indeks kerukunan umat beragama 2019. In Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar (Vol. 19).
Tolchah, M. (2015). Filsafat Pendidikan Islam: Knstruksi Tipologis dalam Pengembangan Kurikulum. 11(2), 381–398.
Anton Bakker, (1992), Ontologi atau Metafisika Umum, Yogyakarta: Kanisius
Jan Hendrik Rapar, 1996, Pengantar Filsafat, Yogyakarta: Kanisius
Jujun S. Suraisumantri, (1983), Ilmu dalam Perspektif, Jakarta: PT. Gramedia.
Kartini Kartono, (1998), Pengantar Metodologi Research, Bandung: ALUMNI.
Nor Huda, (2007), Islam Nusantara, Sejarah Sosial Intelektual Islam di Indoensia, Yogyakarta:Ar-Ruzz Media. \
Sarkowi, 2011, Labirin Pendidikan Islam, Menakar Konsepsi Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali dalam Reorientasi Pendidikan Islam, Malang: Resist Literacy
Sudjana Nana dan Ibrahim, (1989), Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru Bandung.
Syaikh Shafiurrahman Al-Murakfuri, (2012), Sirah Nabawi, Jakarta Timur: Pustaka AlKautsar.
LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2003 NOMOR 430, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Cnnindonesia, 2015, https://www.cnnindonesia.com/nasional/20150730142952-20-69107/muktamar-nu-antara-islam-nusantara-dan-peradaban-dunia
Cnnindonesia, 2016, https://www.cnnindonesia.com/nasional/20160203201841-20-108711/bnpt-19-pesantren-terindikasi-ajarkan-radikalisme
Kompas TV, 2022, https://www.kompas.tv/article/311315/bnpt-33-juta-penduduk-indonesia-terpapar-radikalisme-butuh-undang-undang-pencegahan.
LIPI, 2016, http://lipi.go.id/berita/single/Anak-anak-muda-Indonesia-makin-radikal/15089
NU.Or.Id., 2015, https://www.nu.or.id/nasional/apa-yang-dimaksud-dengan-islam-nusantara-QloHO
Rahma Sugihartati, 2020, https://news.unair.ac.id/2020/05/27/habitus-pendidikan-dan-intoleransi-di-kalangan-pelajar/?lang=id
Researchgate, 2019, https://www.researchgate.net/publication/334084547_Sketsa_Kajian_Islam_Nusantara_dalam_Perspektif_Filsafat_Ilmu
UII.ac.id, 2022, https://www.uii.ac.id/menyoal-radikalisme-dan-pendidikan-agama/
Published
2022-12-30
How to Cite
., U. (2022). Ontologi Islam Nusantara dalam Pendidikan Islam di Indonesia. TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 4(2), 70-81. https://doi.org/10.52166/tabyin.v4i2.195
Section
Articles