Hubungan antara Filsafat dengan Pendidikan

  • Mar’atus Sholikhah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: Hubungan, Filsafat, Pendidikan

Abstract

Filsafat merupakan salah satu ilmu dari berbagai ilmu agama Islam. Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar. Filsafat tidak didalami dengan melakukan eksperimen-eksperimen dan percobaan-percobaan, tetapi dengan mengutarakan masalah secara persis, mencari solusi untuk itu, memberikan argumentasi dan alasan yang tepat untuk solusi tertentu. Ada beberapa cabang dalam filsafat, salah satunya adalah filsafat pendidikan, hubungan antara keduanya tidak bisa dipisahkan.

Filsafat pendidikan merupakan ilmu filsafat yang mempelajari hakikat pelaksanaan dan pendidikan. Bahan yang dipelajari meliputi tujuan, latar belakang, cara, hasil, dan hakikat pendidikan. Metode yang dilakukan adalah dengan menganalisis secara kritis struktur dan manfaat pendidikan. Salah satu yang dikritisi secara konkret adalah relasi antara pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran. Filsafat pendidikan memandang kegiatan pendidikan sebagai objek yang dikaji, baik secara Ontologis, Epistemologis, maupun Aksiologis.

References

Hermawan, Heris. Filsafat Pendidikan Islam. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, 2012.
Salahuddin, Anas. Filsafat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Waris. Pengantar Filsafat. Ponorogo: STAIN Po PRESS, 2014.
Yusuf, Munir. PengantarIlmuPendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, 2018.
Published
2020-12-26
How to Cite
Mar’atus Sholikhah. (2020). Hubungan antara Filsafat dengan Pendidikan. TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 2(2), 22-30. https://doi.org/10.29138/tabyin.v2i2.89
Section
Articles