Media Buku Sophia (Buku Bijaksana) dalam Pembelajaran Fiqih Materi Rukun Islam untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas I MIN 2 Magetan Berbasis Literasi

  • Shofia Fajrin Hardiyanti Sekolah Tinggi Agama Islam Madiun
Keywords: Media Buku Sophia, Literasi, Metode R&D

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Buku Sophia materi Rukun Islam peserta didik kelas 1 MIN 2 Magetan dengan desain pembelajaran yang berbasis literasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang terdiri dari 9 langkah-langkah, yaitu: (1). Melakukan studi pendahuluan, (2). Perencanaan pembuatan produk, (3). Pengembangan Draf Produk, (4). Uji coba perorangan, (5) Revisi hasil uji perorangan, (6). Uji coba terbatas, (7). Penyempurnaan produk hasil uji terbatas, (8). Uji pelaksanaan secara luas, (9). Penyempurnaan produk akhir Pengembangan. Hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media Buku Sophia materi Rukun Islam yang telah dikembangkan layak diuji cobakan lebih lanjut untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas 1 MI dalam pembelajaran Fiqih dengan materi Rukun Islam.

References

Arief Sadiman, dkk. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Cet. V. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
Arsyad, Azhar. Media Pengajaran, Cet. I. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.
Finn, Patrick J. Helping Children Learn Language Art. New York: Longman, 1993.
Hamalik, Oemar. Media Pendidikan, Cet. VI. Bandung: PT Citra Aditya Bakti Soeparno. Media Pengajaran Bahasa. Jakarta: PT Inter-Pariwisata, 1988.
http://dgiindonesia.com/sekilas-tentang-pop-up-lift-the-flap-dan-movable-book/.Diakses pada 14 Oktober 2019 pukul 22:31 WIB.
http://robertsabuda.comtanggal 15 Oktober 2019, pukul 17.00 WIB.
Abdul Majid dan Dian Andayani. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep Dan Implementasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004.
Muktiono, Joko D. Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2003.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2010.
Suyono. Dimensi, Jenjang, dan Asesmen Perilaku Berliterasi Siswa di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 14, Nomor 2, Juni 2007.
Syaiful Bahri Djamarah, dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar, Cet. II. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2010.
The Fundamental of Designing and Producing Pop-up, Online. www.hunghing.co.uk/. Diakses tanggal 15 Oktober 2019 pukul 18.00 WIB.
Thoha Chabib, dkk. Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.
Published
2020-12-26
How to Cite
Shofia Fajrin Hardiyanti. (2020). Media Buku Sophia (Buku Bijaksana) dalam Pembelajaran Fiqih Materi Rukun Islam untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas I MIN 2 Magetan Berbasis Literasi. TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 2(2), 60-74. https://doi.org/10.29138/tabyin.v2i2.94
Section
Articles