Membentuk Generasi Milenial Qur’ani Melalui Pembelajaran PAI

  • Aufaa Dzakiy Ardiningrum UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Farah Nida Maulidya UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Indah Rahayu UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Generasi Milenial, Qur’ani, Karakter PAI

Abstract

Al-Quran merupakan sumber ilmu pengetahuan baik ilmu agama maupun ilmu umum. Generasi milenial sebagai generasi berjiwa qurani merupakan generasi yang diidam-idamkan bangsa. Melihat akhlak dari generasi milenial yang semakin jauh dari ajaran agama Islam maka dalam tulisan ini berupaya memberikan solusi bagaimana cara  pemuda bertindak sesuai ajaran agama Islam dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama tanpa melupakan indentitasnya sebagai milenial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.

Tulisan ini juga membahas tentang  konsep generasi milenial berbasis qur’ani, eksistensi PAI dalam membentuk generasi milenial qurani, pembentukan karakter generasi milenial berjiawa qur’ani dalam perspektif PAI, dan peran mapel PAI dalam pembentukan generasi berjiwa qur’ani . PAI merupakan pendidikan karakter yang paling utama. Melalui PAI para siswa diajarkan cara bertingkah laku sesuai Al-Quran dan menjadikan Al-Quran dan sunnah sebagai way of life, PAI juga memuat sejarah yang didalamnya kita dapat mempelajari tokoh-tokoh nabi, sahabat, maupun sastrawan dimasa lampau untuk dijadikan suri tauladan sebagai konsepsi dari masa lalu untuk dijadikan ibrah dimasa sekarang. Dan fiqih sebagai salah satu mata pelajaran PAI mengajarkan rambu-rambu hukum dalam beribadah. Oleh sebab itu tujuan utama dari pembelajaran PAI adalah pembentukan kepribadian bernafaskan unsur qurani.

Hasil dari pembahasan ini diharapkan bagi generasi milenial menjaga ayat-ayat Allah, mencintai ayat-ayat Al-Quran, memahami, mentadabburi, dan mengaktualisaiskan dalam kehidupan sehari hari melalui pembelajaran PAI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainiyah, Nur, "Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama IslamVolume. 13 Nomor 1, (Semarang,2013).
Ali, Haidir, "Desain Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Sidangsari Al-Jawawi CIleunyi Bandung dalam Menghadapi Generasi Milenial," Vol. 16, No. 1, (Januari, 2019).
Anas, Malik Ibnu, "Al-Muwatta' Juz II," (Mesir: Mustafa al-Baby al-Halabi Wa Auladih, 1928).
Daradjat, Zakiyah, "Ilmu Pendidikan Islam," (Jakarta: Bumi Aksara, 1994).
Hidayati, Eka Wahyu, "Mencetak Generasi Anak Usia Dini yang Berjiwa Qur'ani dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam," Vol. 3, No. 2, (2019).
Yuhadi, Irfan "Efektifitas Penyebaran Pesan Al-Quran Sebagai Kontribusi Dalam Membentuk Generasi Qurani", Al-Majaalis, Vol. 6, No. 1, (November, 2018).
Mp., Ngalim M., "Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis," (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1992).
Yuhadi, Irfan, "Efektifitas Penyebaran Pesan Al-Qur'an sebagai Kontribusi dalam Membentuk Generasi Qur'ani," Vol. 6, Nom 1, (November, 2018).
Zakir, Muhammad, "Eksistensi Pendidikan Islam dalam Masyarakat," Vol. 3, No. 1, (Banda Aceh,2018).
Published
2021-05-25
Section
Articles