Peran Program Adiwiyata pada Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa di SMPN 1 Wajak
Abstract
Karakter yang baik bukanlah sesuatu yang Anda kembangkan secara tiba-tiba, tetapi sesuatu yang dikembangkan melalui pendidikan Anda. Karena Penghargaan Adiwiyata sebenarnya merupakan pengakuan atas komitmen terhadap kualitas lingkungan melalui pembelajaran, kebiasaan dan keberlanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendefinisikan konsep program adiwiyata untuk mengembangkan karakteristik perlindungan lingkungan SMPN 1 Wajak, dan (2) mengetahui implementasi program adiwiyata dalam membentuk karakteristik peduli lingkungan di SMPN 1 Wajak, (3) memahami faktor pendukung dan penghambat program adiwiyata di SMPN 1 Wajak.
Downloads
References
Adi Suprayitno, W. W. (2020). Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Billah, A. (2016). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam Dan Implementasinya Dalam Materi Sains. Attarbiyah, 72.
Chaeruddin, H. (2009). Program Adiwiyata: Sekolah Peduli dan Berbudaya.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2022 Alif Achadah, Wildan Nur Mubarok
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.