Peran Program Adiwiyata pada Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa di SMPN 1 Wajak

  • Alif Achadah Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Wildan Nur Mubarok Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Abstract

Karakter yang baik bukanlah sesuatu yang Anda kembangkan secara tiba-tiba, tetapi sesuatu yang dikembangkan melalui pendidikan Anda. Karena Penghargaan Adiwiyata sebenarnya merupakan pengakuan atas komitmen terhadap kualitas lingkungan melalui pembelajaran, kebiasaan dan keberlanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendefinisikan konsep program adiwiyata untuk mengembangkan karakteristik perlindungan lingkungan SMPN 1 Wajak, dan (2) mengetahui implementasi program adiwiyata dalam membentuk karakteristik peduli lingkungan di SMPN 1 Wajak, (3) memahami faktor pendukung dan penghambat program adiwiyata di SMPN 1 Wajak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achadah, A. (2020). Aktualisasi Pendidikan Karakter Religius untuk Membentuk Perilaku Baik Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Ash Sholihuddin Dampit. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 127.
Adi Suprayitno, W. W. (2020). Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Billah, A. (2016). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam Dan Implementasinya Dalam Materi Sains. Attarbiyah, 72.
Chaeruddin, H. (2009). Program Adiwiyata: Sekolah Peduli dan Berbudaya.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2022-10-08