Implementasi Pendidikan Spiritual Keagamaan dalam Mengembangkan Karakter Religius di SMA Islam Nusantara
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan Implementasi Pendidikan Spiritual Dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik SMA Islam Nusantara Unisma. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif. Dalam penelitian ini instrumen utama dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Untuk subjek penelitian ini adalah peserta didik SMA Islam Nusantara dan objek dalam penelitian ini adalah Implementasi Pendidikan Spiritual Dalam Mengembangkan Karakter. Keabsahan data di dukung dengan teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik peserta didik SMA Islam Nusantara dilaksanakan melalui serangkaian program yang terintegrasi melalui proses pembelajaran peserta didik. Pendidikan Spiritual adalah pendidikan yang menekankan pada hal agama dimana mengaitkan hubungan diri kita dengan Tuhan Yang Maha Esa. Pendidikan spirtual menjadi bagian penting dalam hidup manusia.Pengembangan karakter peserta didik di SMA Islam Nusantara dengan melakukan kegiatan keruhanian antara lain : Sholat Dhuha, Keputrian, Kelas Tahfidz, Pembacaan Istighosah dan Sholat Dhuhu Berjama’ah. Kegiatan keruhanian bertujuan untuk meningkatkan karekter spiritual siswa. Pengembangan karakter ini menjadikan siswa melakukan kegiatan-kegiatan yang positif
Downloads
References
Dimiyati dan Mudjiono(2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Renika Cipta
Karakter, P., Pendidikan, S. M., & Islam, A. (2003). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam (Nasrullah). 67–82.
Mansir, F., Parinduri, M. A., & Abas, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembinaan Peserta Didik Dalam Membentuk Watak Kuat-Positif. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 429–437. https://doi.org/10.30738/tc.v4i1.6811
Muhammad, G., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2021). Proses Manajemen Peserta Didik dalam Membentuk Karakter Religius. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(2), 161–174. https://doi.org/10.15575/ath.v6i2.14772
Muljawan, A., & Ibad, S. (2020). Pengembangan Karakter Spiritual Keagamaan Siswa Dalam Perspektif Islam. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 49–60. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.98
Ningsih, T. (2019). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolosi Industri 4.0 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 220–231. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3049
Nuriyanto, L. K. (2015). Pengaruh Implementasi Pendidikan Agama Terhadap Perilaku Keagamaan Peserta Didik Sma Di Bawah Yayasan Keagamaan. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 13(3). https://doi.org/10.32729/edukasi.v13i3.249
Purwanto, F., & Wulandari, R. (2020). Implementasi Kecerdasan Spiritual Bagi Pendidikan. Missio Ecclesiae, 9(1), 95–112. https://doi.org/10.52157/me.v9i1.107
Sari, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 249.
Susanti, E. (2017). Implementasi Pengembangan Spirtual Quotient Dalam Membentuk Siswa Berkarakter Di SMPIT Rabbi Radhiyya Kec. Curup Timur Bengkulu. An-Nizom, 2(2), 287–297.
Syuhud, S. (2014). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SPIRITUAL QOUTIENT (Studi MTs Miftahul Huda Selok Anyar Pasirian). Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 99–113. https://www.ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/56
Tahun, D. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS SPIRITUAL PADA ANAK USIA DINI DI TK . KY . AGENG GIRI , GIRIKUSUMO , SKRIPSI Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan dalam Ilmu Pendidikan Islam Anak Usia Dini Oleh : Nurul Hasanah FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG 2020 PERNYATAAN KEASLIAN.
Tanasa, S., Yahiji, K., & Damhuri, D. (2019). Manajemen Pengembangan Karakter Berbasis Spiritual Quotient dalam Mengatasi Isu-Isu Radikalisme di Madrasah Aliyah. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–19. http://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/1087
Copyright (c) 2023 Qurroti A'yun, Fida Ulil Istiqomah, Nadia Zayyanan Nafisa, Rhaudhatuljannati Devina Kuncoro, Windi Ovi Sri Rahayu, Zainab .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.