Peran Guru Sebagai Agen Perubahan

  • Riski Cahya Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Darnawati . Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Ubabuddin . Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Peran, Guru, Perubahan

Abstract

Agen perubahan adalah petugas profesional yang mempengaruhi putusan inovasi anggota masyarakat menurut arah yang diinginkan oleh lembaga perubahan. Perubahan yang dialami anak di bentuk oleh seorang guru kemudian di lakukan dengan proses sosial. Menjadi pelaku perubahan hanya akan terjadi bila didalam diri individu terdapat potensi untuk mengubah diri sendiri, agar menjadikan pertumbuhan dan perkembangan pada dirinya jadi lebih baik dan sempurna. Demikian pula untuk setiap guru yang menginginkan  menjadi pelaku perubahan di sekolah, yang harus dia miliki adalah potensi merubah diri sendiri, sehingga dengan  adanya potensi yang dimilikinya tersebut diharapkan mampu merubah orang lain (siswanya). Di lembaga sekolah guru merupakan seorang pemimpin (leader) dan pelaku perubahan pendidikan, tanpa adanya keterlibatan guru di setiap usaha dalam memperbaharui dunia pendidikan akan gagal. Guru merupakan garda terdepan dan pelaku perubahan di dalam dunia pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, D. A. 2019. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Lingkungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. An Educational Journal Zirah.
Agustian, Ary. 2005. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual (ESQ). Jakarta: ARGA.
Ahmad. 1991. Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ahmadi, Abu. 2004. Sosiologi Pendidikan. Cetakan Ke-2. Jakarta: PT Rineka Cipta
Atmadi. 2000. Transformasi Pendidikan Memasuki Milenium. Yogyakarta : Kanisius dan Unversitas Sanata Dharma.
Ayu S. Sadewo. 2009. Mudahnya Mendidik Anak Beda Karakter dan Bakat, Beda Perlakukan. Jakarta: Penebar Swadaya.
Damsar. 2011. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Djohar. 1999. Reformasi dan Masa Depan Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: IKIP.
Ibrohim. 1988. Inovasi Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikti).
Kunandar. 2007. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers.
Nasution. 2006. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Saputro, H., & Talan, Y. O. 2017. Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Psikososial pada Anak Prasekolah. Journal of Nursing Practice.
Sari, S. M. 2004. Peran Warna Interior terhadap Perkembangan dan Pendidikan Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Dimensi Interior.
Soetjipto dan Kosasi. 1999. Profesi Keguruan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sunaryo. 1989. Strategi Belajar-Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Malang: Penerbit IKIP Malang.
Taubah, M. 2015. Pendidikan Anak dalam Keluarga Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Tilaar. 2002. Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ummah, S., & Nisa Fitri, N. 2020. Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA.
Usmani. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Wahab. 2007. Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung:Alfabeta.
Published
2023-05-08
Section
Articles