Sekolah sebagai Sarana Sosialisasi dan Perkembangan Kepribadian Anak
Abstract
Sekolah mempunyai peran penting dalam pembentukan kepribadian siswa karena sekolah adalah wadah atau tempat proses belajar seseorang dari tidak tahu menjadi tahu, tidak mengerti menjadi mengerti dan tidak terdidik menjadi berpendidikan. Peranan sekolah sebagai lembaga yang membantu lingkungan keluarga, maka sekolah bertugas mendidik dan mengajar serta memperbaiki dan memperhalus tingkah laku siswa yang dibawa dari keluarganya. Pembentukan kepribadian akhlak mulia siswa melalui sosialisasi berupa pembinaan, bimbingan, dan pengawasan telah sekolah terapkan. Kepribadian adalah cara seseorang berinteraksi dengan orang lain. Hubungan sesorang dengan kepribadiaan dengan pembelajaran di sekolah yang telah di pelajari untuk di terapkan ke lingkungan masyarakat. Kepribadiaan seseorang berbeda-beda tergantung awal pembentukan kepribadian itu terjadi yaitu lingkungan keluarga. Jika seorang anak terlahir lingkungan berkepribadian pemalu maka akan bisa membentuk kepribadian yang malu baik dari awal memasuki tingkat sekolah hingga kepada lingkungan masyarakat.
Downloads
References
Atmadi, (ed). 2000. Transformasi Pendidikan Memasuki Milenium. Yogyakarta: Kanisius dan Unversitas Sanata Dharma.
Damsar. (2011).Pengantar Sosiologi Pendidikan Jakarta: PT.Kencana.
Djohar. 1999. Reformasi dan Masa Depan Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: IKIP.
G. Ary. Agustian, 2005. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual (ESQ).Jakarta: ARGA.
Hasbullah. (2009). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Jahja. Yudrik, (2012). Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT.Kencana.
Nasution. 2006. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Saptono, (2007). Sosiologi Untuk SMA Kelas X. Jakarta: Phibeta Aneka Gama.
Soetjipto dan Kosasi R. 1999. Profesi Keguruan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
U.M. Usman, 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Copyright (c) 2023 Herwani ., Rubi Awalia, Husyin Saputra, Supatmi .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.