Pertumbuhan dan Perkembangan Pendidikan Islam pada Masa Bani Ummayah

  • Miftakhul Muthoharoh STAI Ihyaul Ulum Gresik
  • Febri Hartono STAI Ihyaul Ulum Gresik
Keywords: Perkembangan, Pendidikan, Dinasti Umayyah

Abstract

Islam sebagai agama universal memberikan pedoman hidup bagi manusia menuju kehidupan yang bahagia, yang pencapainnya sangat bergantung pada pendidikan, sebab pendidikan merupakan kunci pembuka kehidupan manusia, oleh karena itu Islam dan pendidikan mempunyai hubungan yang sangat erat, hubungan tersebut bersifat organis-fungsional, dimana pendidikan difungsikan sebagai alat untuk mencapai ke-Islaman dan Islam menjadi kerangka dasar serta pondasi pengembangan pendidikan Islam. Pendidikan tumbuh dan berkembang seiring dengan tumbuh dan berkembangnya Islam, hal ini menunjukan bahwa pendidikan tidak bisa dilepaskan dengan sejarahnya. Dinasti Umyyah sebagai dinasti pertama sebagai abad ekspansi yang hanyut dengan masalah-masalah yang menyangkut tentang penaklukan, konsolidasi dan sebagai suatu kekaisaran multinasional dan multikultural yang sadar akan kebutuhan-kebutuhannya. Dengan sadar menaruh perhatian besar kepada persoalan-persoalan pendidikan. Sehingga pada gilirannya Dinasti Umayyah ini mampu menumbuhkan kembangkan berbagai khasanah keilmuan yang sekarang ini terasa manfaatnya, terutama bagi dunia Eropa yang mampu menggali dan mengembangkannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad al-Usairy, 2003, sejarah Islam sejak zaman adab hingga abad XX, Jakarta, akbar media Eka sarana.
Ajid Thohir, 2004, Perkembangan Peradaban di Kawasan Dunia Islam, Melacak akar-akar Sejarah, Sosial, Politik, dan Budaya Umat Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ahamd Tafsir, 2004, Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung, Mimbar Pustaka.
Bahtiar Effendi, 1998, Islam dan Negara transformasi pemikiran dan praktik politik Islam di indonesia, Jakarta, paramadina;
Philip K. Hitti, 2010, Histori Of Arabik,
Philip K. Hitti dan M.J. Irawan, 1984, Islam And The West, Bandung, Sinar Baru
Yusuf al-Qardawi, 2005, Distorsi Sejarah Islam, Jakarta, pustaka al-kautsar; Syalabi, 1988, sejarah dan kebudayaan Islam, Jakarta, pustaka al-husna;
Maidir Harun, Firdaus, 2001, Sejarah Peradaban Islam, Padang: IAIN-IB Press;
Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002), Cet-13,h. 48-49
Samul Munir Amin, 2009, Sejarah Peradaban Islam , Jakarta: Amzah;
Siti Maryam, 2003, Sejarah Peradaban Islam Dari Masa Klasik Hingga Kontemporer, Yogyakarta, LESPI dan jurusan SPI Sunan Kalijogo;
Samsul Nizar, 2005, Sejarah dan Pergolakan Pemikiran dan Pendidikan Islam, Ciputat: Quantum Teaching;
Suwito dan Fauzan, 2005, Sejarah Sosial Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana; Hasan Langgulung, 1988, Asas-Asas Pendidikan, Jakarta, pustaka al-Husana;
Soekarno dan Ahmad supardi, Sejarah dan filsafat pendidikan Islam, Bandung, Angkasa.
Samsul Nizar (ed), Sejarah Pendidikan Islam: Menelusurti Jejak Era Rasullah Sampai Indonesia , (Jakarta: Kencana, 2007), cet-1, h. 62
Zuhairini, dkk, 2004, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara;
Mahmud Yunus, Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta: Hidakarya Agung, 1992), h. 33
Musyrifah Sunanto, 2004, Sejarah Islam Klasik Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam, Jakarta, Kencana;
Nurkholis Madjid, 2007, Islam Agama Universal, Yogyakarta, pustaka pelajar. http://akitephos.wordpress.com/sejarah
W. montegomery watt, 1990, Kejayaan nIslam kajian kritis dari tokoh orientalis, Yogyakarta, tiara wacana;
,http://www.dudung.net/artikel-Islami/jejak-kegemilangan-umat-Islam-dalam- pentas-sejarah,
http://karyaulama.blogspot.com/2008/04/pola-pendidikan-Islam-periode- dinasti.html,
Published
2023-05-09
Section
Articles