Analisis Kecerdasan Emosional dalam Pendidikan Agama Islam pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 2 Telukjambe Timur

  • Indriana Pitaloka Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Tajuddin Nur Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hinggil Permana Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Kecerdasan Emosional, Pendidikan Agama Islam, Peserta Didik

Abstract

Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang dalam mengelola kehidupan emosional secara cerdas melalui kemampuan kesadaran diri, mengelola emosi, motivasi diri, empati dan membina hubungan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kecerdasan emosional peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Telukjambe Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan dan melakukan deskripsi mengenai Kecerdasan Emosional Pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 2 Telukjambe Timur. Berdasarkan hasil analisis data angket kecerdasan emosional dengan sampel 82 peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Telukjambe Timur maka dapat disimpulkan bahwa diperoleh nilai rata-rata dari seluruh indikator sebesar 83% dengan kriteria sangat baik. Indikator pertama yaitu kesadaran diri memperoleh rata-rata sebesar 84%. Indikator kedua yaitu mengelola emosi memperoleh rata-rata sebesar 84%. Indikator ketiga yaitu motivasi diri memperoleh rata-rata sebesar 82%. Indikator keempat yaitu empati memperoleh rata-rata sebesar 85%. Dan indikator kelima yaitu membina hubungan memperoleh rata-rata sebesar 82%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisatul Masruroh. “Konsep Kecerdasan Emosional Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Mahasiswa Pendidikan 1, no. 2 (2014): 299–314.
Ary Ginanjar Agustian. ESQ Emotional Spiritual Quotients, (The ESQ Way 165). Jakarta: Arga, 2005.
Daniel Goleman. Emotional Intelligence, Kecerdasan Emosional Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1995.
Desmita. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Djollong, Andi Fitriani. “Dasar, Tujuan dan Ruang Lingkup Pendidikan Islam di Indonesia (Basis, Objectives, and Scope Islamic Education In Indonesia).” Al-Ibrah VI, no. 1 (2017): 11–29.
Hamzah, Amir. Metode Penelitian Kuantitatif Kajian Teoretik & Praktik. Batu: Literasi Nusantara, 2020.
Indah Dwi Wulandari. “Pengaruh Kecerdasan Emosi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Nu Raudlatul Falah Turen” 561, No. 3 (2019): 76.
Istiqomah. “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Mts Sunan Kalijaga Karang Besuki Malang.” Journal Of Chemical Information And Modeling 53, No. 9 (2013): 1–11.
Nurmayani. “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Keterampilan Bahasa Indonesia Murid Kelas Iv Sdn No.160 Inpres Bontolebang Kecamatan Polombangankeng Selatan Kabupaten Takalar” 21, No. 1 (2020): 1–9.
Purnaningtyas, Arum. “Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Seni Budaya Smp” (2010): 4.
Raihana, Stephani Hamdan. “Kecerdasan Emosional Dalam Al-Qur’an.” Schema: Journal Of Psychology Research 3, No. 1 (2017): 35–45. Https://Doi.Org/10.29313/Schema.V0i0.1807.
Riana Mashar. Emosi Anak Usia Dini Dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kencana, 2011.
Samrin. “Pendidikan Agama Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia” 8, No. 1 (2015): 1–27.
Siti Patimah. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Mts. Nw Pagutan. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan (Ftk) Universitas Islam Negeri (Uin) Mataram Mataram, 2020.
Teguh Wiyono. “Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Ipa Berdasarkan Kemampuan Akademik Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 9 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018” (2018): 94.
Yanti Oktavia. “Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Siswa Di Smpn 13 Padang” 3, No. 2 (2019): 159–166.
Published
2023-10-31