Problematika Kurikulum Merdeka Pembelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti di SMKN 4 Malang
Abstract
Artikel ini membahas tentang kurikulum terbaru yang dibuat oleh kemendikbud yaitu kurikulum merdeka, setelah banyak pergantian kurikulum utamanya setelah pandemi covid-19 kurikulum merdeka ini tentunya terdapat banyak problematika atau permasalahan dalam mengimplementasikannya di setiap lemaga pendidikan. Peneliti sendiri memfokuskan penelitian di SMKN 4 Malang dan hanya meneliti bidang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti (PAI-BP), metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yang akan menggali informasi dengan wawancara mendalam dari narasumber pelaku kurikulum merdeka belajar baik dari guru atau siswa untuk mengetahui permasalahan apa saja yang didapatkan selama mengimplementasikan kurikulum merdeka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 4 Malang, serta mendeskripsikan dengan jelas apa saja yang menjadi permasalahan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka tersebut. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif peneliti bisa mengetahui permasalahan dari implementasi kurikukum merdeka ini terbagi menjadi permasalahan dari siswa & guru, permasalahan dari siswa yaitu belum terbiasa dengan kurikulum merdeka yang sebelumnya siswa terbiasa mempelajari materi dengan model kurikulum 2013, sedangkan permasalahan dari pendidik yaitu 1) Kurangnya kreatifitas guru dalam menyusun strategi pembelajaran, 2) Pemilihan metode pembelajaran PAIBP, 3) Pengondisian kelas.
Downloads
References
———. “Pendampingan Pembuatan Logo Elvita Bakery and Cake.” Empowerment Society 2, no. 1 (2019): 1–15.
———. “Pendampingan Updating Data Indonesia Tourism Exchange (Itx) Guna Memasarkan Produk Wisata Pokdarwis Arseda Desa Ranu Bedali Kecamatan Ranuyoso Kabupaten Lumajang.” In Progress Conference, 1:146–50, 2018.
Ermawati, Emmy, Mimin Yatminiwati, and Noviansyah Rizal. “Kendala Dan Strategi Operasi Persediaan Galaxy Dept Store Menghadapi Panic Buying Corona Effect.” Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi 14, no. 1 (2021): 1–13.
Ermawati, Emmy, Mohammad Atoillah, Yessy Anggraeni, and Istichomah Istichomah. “Identifikasi Desain Jaringan Manajemen Rantai Pasok Gula Merah Di Kota Lumajang.” In Progress Conference, 5:48–54, 2022.
Ermawati, Emmy. “Management Knowledge and Standard Operating Systems in Formulating Company Development Strategies.” Jurnal Ilmu Manajemen Advantage 4, no. 1 (2020): 15–23.
Fatoni, M., & Madiun, U. P. (2022). Analisis Pelaksanaan Program Merdeka Belajar di SDN Tanjungsari Terkait Pembelajaran Matematika. 1, 68–77.
Fauziyah, Fauziyah. “Pemberdayaan UMKM Melalui Akun Organisasi Bisnis Berbasis E-Commerce (Studi Kasus Pada Forum Online UKM KSRN Kabupaten Jember).” Jurnal Ilmu Manajemen Advantage 2, no. 02 (2018): 11–16.
Maidah, Firdaus Al, and Wahyuning Murniati. “The Relationship between the Implementation of the PSBB Policy and the Number of Tourists in Lumajang Regency during the COVID-19 Pandemic.” Wiga: Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi 12, no. 2 (2022): 101–9.
Manik, H., Sihite, A. C. B., Sianturi, F., Panjaitan, S., & Hutauruk, A. J. B. (2022). Tantangan Menjadi Guru Matematika dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Masa Pandemi Omicron Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 328–332.
Margareta, Putri, Emmy Ermawati, and M Taufik. “Pengaruh Harga, Fasilitas Dan Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Di Pemandian Waterpark Kawasan Wonorejo Terpadu Lumajang.” Jobman: Journal of Organization and Bussines Management 6, no. 2 (2023): 455–64.
Naufal, H. (2021). Model pembelajaran konstruktivisme pada matematika untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa di era merdeka belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 143–152. file:///C:/Users/user/Downloads/548-Article Text-1029-1-10-20210106.pdf
Putri, Nur Latifa Isnaini, Firdaus Al Maidah, Via Lailatur Rizki, and Yessy Anggraeni. “Pelatihan Pembuatan Iklan Berbasis Digital Marketing Untuk Pengembangan Produk UMKM.” In Progress Conference, 5:461–67, 2022.
Rizki, Via Lailatur, Firdaus Al Maidah, and Nur Latifa Isnaini Putri. “Peningkatan Usaha Jamur Tiram Melalui Pendampingan Manajemen Kemasan Produk.” In Progress Conference, 4:468–76, 2021.
Sharuji, W. N. S., & Nordin, N. M. (2017). Kesediaan guru dalam pelaksanaan kemahiran berfikir aras tinggi (KBAT). Simposium Pendidikan DiPeribadikan: Perspektif Risalah An-Nur, 140–146.
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104(July), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
Wahdani, F., & Burhanuddin, H. (2020). Pendidikan Keluarga di Era Merdeka Belajar. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 2(1), 1–10.
Wijaya, A., Mustofa, M. S., & Husain, F. (2020). Sosialisasi Program Merdeka Belajar dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros. Jurnal Puruhita, 2(1), 46–50.
Yatminiwati, Mimin, and Emmy Ermawati. “Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk.” JUMPA Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi 14, no. 2 (2021): 105–14.
Copyright (c) 2023 Qurroti A’yun, Alya Navida Nurita, Findah Nur Hamidah, Firda Al-Vina, Qomariyah Ulfa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.