Implementasi Metode Pembelajaran Field Trip dalam Menanamkan Pendidikan Akhlakul Karimah Pada Siswa Raudhatul Atfal di ar-Rohmany

  • Nur Imama Jamil Universitas Yudharta Pasuruan
  • Muhammada Universitas Yudharta Pasuruan
  • Ahmad Ma’ruf Universitas Yudharta Pasuruan
  • M. Anang Sholikhudin Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: nilai-nilai pendidikan akhlakul karimah, metode field trip

Abstract

Masalah yang terjadi dinegara kita saat ini sebenarnya tidak lepas dari persoalan perilaku akhlakul akrimah pada setiap siswa. Terlepas dari ajaran ilmu agama, jika pendidikan anak menyimpang dari akidah Islam dan tidak terkait dengan Allah, tidak diragukan lagi anak akan memperoleh nilai-nilai negatif. Bahkan, didorong oleh nafsu dan bisikan setan, dia akan mengikuti keinginannya.

Pendidikan anak usia dini memegang peranan yang sangat penting dan menentukan bagi perkembangan siswa dimasa depan, sebab pendidikan siswa merupakan filosofi bagi dasar kepribadian mereka. perlu untuk mengajarkan mereka untuk melakukan yang terbaik dan berharap bahwa mereka akan memiliki sifat terpuji di masa depan dan dapat menghindari perilaku tercela.

Selain proses pembelajaran yang berlangsung di lembaga pendidikan yang mencakup semua proses perkembangan fisik. Mengajarkan sikap siswa dan memberikan bimbingan atau petunjuk dengan Kesabaran diperlukan untuk pembentukan sikap. keteladanan, pembiasaan, dan Implementasi pendidikan akhlakul karimah yang merupakan proses yang panjang dan berkesinambungan. Dan semestinya pendidikan akhlak termasuk dalam materi yang harus diajarkan dan dikuasai serta direalisasikan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu diperlukan pendidikan sejak dini, khususnya Pendidikan akhlak agar mereka terbiasa berperilaku baik dan mengikuti perintah Allah yang sesuai ajaran al-Qur’an dan Hadist.

Tanggung jawab berat yang haris dipikul oleh dunia pendidikan akhirnya memunculkan tuntutan bagi lembaga pendidikan untuk meweujudkan cita-cita untuk membekali peserta didik dengan pendidikan akhlak. Oleh karena itu tulisan ini memberikan wawasan tentang bagaimana cara menanamkan nilai-nilai pendidikan akhlakul karimah melalui pembelajaran metode field trip di ar-Rohmany

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dr. H. A. Rusdiyana, Drs.,MM (2020) “Ilmu Akhlak” Fakultas Tarbiyah dan Kegruan : Bandung.
Fakhriyah Fatimiyah, Muh. Ilham Syamsudin, and An-nisa Nur Fradillah, (2020) “Akhlak Bermasyarakat Dan Bernegara Dalam Islam,” Suparyanto dan Rosad 5, no. 3
Husaini Husaini, (2021)“Kajian Ayat-Ayat Manajemen: Isyarat Al-Qur’an Tentang Lingkungan Pendidikan,” Idarah: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan 5, no. 2.
Imam Rohani, (2020) “Kajian Kebijakan Pendidikan Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional,” Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education 1, no. 01.
Khalimatus Sa’Ada, (2021) “SKRIPSI Diajukan Kepada Institut Agama Islam Negeri Jember Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Memperoleh Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Oleh : FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN JANUARI 2021”
Muhammad Minan Nur Rohman and Ahmad Ma’ruf, (2020) “Model Pendidikan Karakter Religius Dalam Perspektif Syaih Musthofa Al-Ghalayaini,” Al Murabbi 5, no. 2.
Mulianah Khaironi, (2017) “Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi ( Pendidikan Karakter ) Khaironi Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi ( Pendidikan Karakter ) Khaironi,” Golden Age Universitas Hamzanwadi 01, no. 2.
Nur Habibah, (2022) “Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar,” Prosiding Pendidikan Dasar 1, no. 1
Sri Sanita, Rusdial Marta, and Nurhaswinda Nurhaswinda, (2020) “Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Metode Pembelajaran Field Trip,” Journal on Teacher Education 2, no. 1
Published
2024-04-30
Section
Articles