Efektifitas Metode Resitasi Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Bahasa Arab
Abstract
Bahasa Arab merupakan bahasa asing sekaligus bahasa umat islam yang telah lama berkembang di Indonesia. Namun, hingga saat ini terdapat beberapa problem yang harus ditangani dalam proses pembelajarannya terutama dalam penggunaan metode pembelajaran. Adapun metode pengajaran yang digunakan di MA Ma’arif NU Durensewu adalah metode ceramah dimana guru didepan menjelaskan dan siswa hanya mendengarkan. Hal ini tidak begitu efektif dalam pembelajaran terutama dalam meningkatkan keaktifan belajar bahasa Arab siswa MA Ma’arif NU Durensewu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dan pengaruh metode resitasi terhadap peningkatan keaktifan belajar bahasa Arab siswa kelas XI MA Ma’arif NU Durensewu Pandaan.
Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah pra eskperimen dengan menggunakan desain one group pre-test post-test. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas metode resitasi terhadap peningkatan keaktifan belajar bahasa Arab memiliki nilai signifikansi tinggi. Hal ini didasarkan pada hasil akhir uji paired sample t-test memiliki nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu Sig. (0,000) < 0,05 sehingga H0 ditolak, dan Ha diterima. Dalam artian bahwa metode resitasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keaktifan belajar bahasa Arab siswa kelas XI MA Maarif NU Durensewu Pandaan. Hal ini dapat diketahui berdasarkan perbedaan hasil nilai yang signifikan antara sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan menggunakan metode resitasi.
Downloads
References
E, Mulyasa. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik Dan Implementasi. 1st ed. bandung: remaja rosdakarya, 2004.
Hamalik, Oemar. Kurikulum Dalam Pembelajaran. 1st ed. jakarta: bumi aksara, 2009.
———. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. 1st ed. jakarta: bumi aksara, 2003.
Harun, Sulastri. “Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar ‘Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0’” (2021): 265–276.
Haryati, Sri. Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. 1st ed. magelang: Graha Cendekia, 2017.
Hertali Vita Pramanta. “Pengaruh Pembelajaran Model Resitasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Kelistrikan Otomotif Di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.” Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.
Imansdjah Alipandie. “Didaktik Metodik Pendidikan Umum. 1st ed. jakarta: ciputat press, 2002.
Maesaroh, Siti. “Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.” pendidikan 1 (2013): 150–168.
Mahmud, Basri, and Hamzah. “Pembelajaran Efektif Dalam Pengajaran Bahasa Arab Tingkat Menengah.” bahasa arab & pendidikan bahasa arab 1 (2020): 23–36.
Mariyam, Siti, Retno Triwoelandari, and H. Kholil Nawawi. “Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Bogor.” Jurnal Mitra Pendidikan 2 (2018): 1283.
Muhamad Afandi, S.Pd., M.Pd, M.Pd Evi Chamalah, S.Pd., and M.Pd Oktarina Puspita Wardani, S.Pd. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. 1st ed. Semarang: UNISSULA Press, 2013.
Mukhtar. Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 1st ed. jakarta: misaka galiza, 2003.
Permana, S Mulyani dan Johar. Strategi Belajar Mengajar. 1st ed. Jawa Tengah: Depdikbud, 2009.
Rahmad, Abdul. Pengantar Pendidikan Teori, Konsep, Dan Aplikasi. 1st ed. ideas, n.d.
Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. 1st ed. bandung: sinar baru, 1989.
Sudrajat, Akhmad. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, Dan Model Pembelajaran, n.d.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 1st ed. Bandung: Alfabeta, 2019.
Sukadari dan Sulistyono. Ilmu Pendidikan Seri 1 (Konsep Dasar). 1st ed. yogyakarta: cipta bersama, 2017.
Syaiful Bahri Djamarah, Syaiful dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. 1st ed. jakarta: rineka cipta, 2010.
Yusuf, Munir. Pengantar Ilmu Pendidikan. 1st ed. palopo: lembaga penerbit kampus IAIN Palopo, 2018.
Zain, Syaiful Bahri dan Aswan. Strategi Belajar Mengajar. 1st ed. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Zain, Syaiful Bahri Djamarah dan Azwan. Strategi Belajar Mengajar. Revisi. jakarta: rineka cipta, 2006.
Copyright (c) 2024 Naili Tsamrotul Mufidah, Syaifullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.