Pengembangan Media Zig-Zag Learning Book (Zook) Pada Materi PKn Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV Sekolah Dasar

  • She Fira Azka Arifin Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Hanik Yuni Alfiyah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • M. Amin Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Solchan Ghozali Universitas Sunan Giri Surabaya
Keywords: Media Pembelajaran, Media Zig-zag Learning Book, R&D

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang menghasilkan produk berupa media pembelajaran Zig-zag Learning Book atau Zook. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media Zook. Penelitian dilakukan di SD Muhammadiyah 10 Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi, observasi, angket dan tes evaluasi. Hasil data dianalisis menggunakan skala likert dan skala guttman yang selanjutnya dihitung dengan rumus persentase sedangkan hasil tes menggunakan rumus mean. Hasil penelitian meliputi tiga hal meliputi hasil kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kevalidan berdasarkan ahli materi diperoleh sebesar 90%, kegrafikan sebesar 86,7% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan penggunaan media Zook sebesar 4,56 dengan kategori sangat baik. Keefektifan media Zook berdasarkan hasil respon siswa sebesar 95,4% dengan kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chairunnisa, Najwa Ammara Jauza, Dita Adinda Fitri, Hafiz Khudri Tanjung, and Syahril Amin. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam.” GURUKU: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 1, no. 3 (2023). https://www.ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/187.
Fitri, M., and H. Susanto. “NILAI SOSIAL RELIGI TRADISI MANOPENG PADA MASYARAKAT BANYIUR.” Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah 7, no. 2 (2022): 161–69.
Gunawan, Imam, and Anggarini Palupi. “TAKSONOMI BLOOM – REVISI RANAH KOGNITIF: KERANGKA LANDASAN UNTUK PEMBELAJARAN, PENGAJARAN, DAN PENILAIAN.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 2 (2016).
Hartono, Sri Murhayati, Helmiati, Promadi, Zulhidah, and Akbarizan. PAIKEM Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan. Pekanbaru Riau: ZANAFA PUBLISHING, 2010.
Huda, Miftahul. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Marinda, Leny. “TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR.” An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman 13, no. 1 (2020): 116–52.
Mesra, Romii, Veronike E. T Salem, Maria Goretti Polii Meity, Yoseph Daniel Ari Santie, Ni Made Rai Wisudariani, Sarwandi, Ratih Permana Sari, et al. Research & Development Dalam Pendidikan. Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/D6Wck, 2023.
Nieveen, Nienke. “Prototyping to Reach Product Quality.” In Design Approaches and Tools in Education and Training, edited by Jan van den Akker, Robert Maribe Branch, Kent Gustafson, Nienke Nieveen, and Tjeerd Plomp, 125–35. Dordrecht: Springer Netherlands, 1999. https://doi.org/10.1007/978-94-011-4255-7_10.
Slavin, Robert E. Educational Psychology: Theory and Practice Eight Edition. Boston: Pearson Education, 2006. https://doi.org/10.1192/bjp.181.5.440.
Suprijono, Agus. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar, 2009.
Thiagarajan, Sivasailam, Dorothy S Semmel, and Melvyn I Semmel. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Eric. Vol. 14. Indiana: ERIC, 1974. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2.
Published
2024-04-30
Section
Articles