HUBUNGAN METODE AMTSILATI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN NAHWU SHOROF DI KELAS VIII DI SMP PLUS EL WAFA CIKARANG BEKASI
Abstract
Siswa SMP Plus El Wafa sering mengalami kebosanan dalam kegiatan belajar mengajar karena metode dan media yang digunakan oleh guru kurang begitu menarik dikalangan siswa zaman sekarang. Tetapi ketika menyampaikan materi dengan cara nadzon atau sya’ir yang diterapkan di pelajaran amtsilati ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam berbagai jenis keilmuan termasuk juga pembelajaran nahwu shorof. Karena dapat dilihat dari beberapa ekspresi siswa yang senang dan bahagia ketika mengikuti pembelajaran yang menggunakan metode nadzom ini. Dengan keadaan kelas yang menyenangkan siswa pun akan lebih memperhatikan guru ketika mengajar dan juga dengan menyanyinya ini peserta didik tidak cepat jenuh ketika harus mengulang-ulang lagu ketika harus menghafalkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode kolerasi. Nilai statistik uji Z sebesar 4,97 lebih besar dari titik kritis Z α/2 (1,96) atau berada di daerah penolakan H0, sehingga keputusan yang diambil adalah Tolak H0. Kesimpulan berdasarkan hasil pengujian hipotesis adalah dengan tingkat kepercayaan 95% sudah cukup bukti untuk menyatakan bahwa terdapat keeratan hubungan yang signifikan secara statistik antara nilai keaktifan mahasiswa (X) dan nilai hasil belajar akhir (Y).
Downloads
References
Faroq, A., & Abdurrohim. (2021). PENERAPAN METODE AMTSILATI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH DINIYAH IQOOMATUL ISLAM SUMBERMANJING WETAN MALANG. Jurnal Penelitian Ilmiah Intaj , 05(01).
Fikri, W. N. (2018). IMPLEMENTASI METODE AMTSILATI DALAM MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADIIN DEMAK. In Implementasi Metode Amtsilati dalam Membaca Kitab Kuning… POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam (Vol. 4, Issue 2).
Sholehuddin, Ach., & Wijaya, M. (2019). Implementasi Metode Amtsilati Dalam Meningkatkan Kemampuan Maharah Qiro’ah. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3(1), 47. https://doi.org/10.29240/jba.v3i1.708
SKRIPSI PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING SISWA KELAS IV MIN 1 ADIREJO KECAMATAN PEKALONGAN KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. (n.d.).
Sukayat, T. (2017). NADZOM SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN DAN DAKWAH. Cendekia, 15(2).
Copyright (c) 2025 Raflie Nurseha, Lilis Kurniawati , Nia Kurnia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.