PERAN GURU AGAMA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI AL QURAN SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • Salsabila Aulia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Masykur Manshur Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Jaenal abidin Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Literasi, Al-Qur'an

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kompetensi membaca Quran siswa sdit insan mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Ada dua rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini. Pertama, apa faktor pendorong guru PAI memprogramkan literasi Quran dalam proses pembelajaran? Kedua, bagaimana praktik literasi Quran dalam proses pembelajaran PAI? Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada dua faktor pendorong utama guru PAI membelajarkan literasi membaca Quran, (1) faktor internal berupa instruksi kepala sekolah dan kondisi objektif kemampuan membaca Quran siswa yang beragam; (2) faktor internal yakni pengalaman dan keinginan guru PAI. Kedua, praktik pembelajaran literasi Quran berlangsung secara terintegrasi dalam proses pembelajaran PAI dengan mengelola jam pelajaran dan menggunakan metode literasi Quran. Oleh karena itu, guru PAI memainkan peran penting dalam mengatasi problem literasi membaca Quran yang dialami siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qaththan, S. M. (2016). Pengantar Studi Ilmu Alquran. Jakarta: Pustaka Al Kautsar.
Darmaningtyas, Pendidikan Rusak-Rusakan (Yogyakarta: PT. KIS Pelangi Aksara, 2005), hlm. 198.
Gusman. (2017). Analisis Faktor Penyebab Kurangnya Kemampuan Siswa dalam Baca Tulis Al-quran Jurnal al-Bahtsu, 2, (2)
Jamil Suprihatiningrum, Guru Profesional (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013), hlm. 27
Khorida, M. F. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Larasati, U. (2016). Peran Guru Sebagai Pelaksana Layanan Bimbingan . Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3 (1).
Ni Nyoman Ayu Wirantini, Nyoman Djinar Setiawan, dan Ni Nyoman Yuliarmi. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Pada Daya Tarik Wisata di Kabupaten Bandung. E-jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 7.1 (2018): 279-308.
Priyatni, E. T. (2017). Membaca Kritis dan Literasi Kritis. Tangerang: Tira Smart.
Suprihatiningrum, J. (2013). Guru Proposional (Pedoman Kinerja, Kualifikasi dan Kompetensi Guru). jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Umar, N. (2015). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa. Jurnal Pendidikan Literatur Nusantara.
Published
2025-04-29
Section
Articles