IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM BUKU AJAR PAI KELAS 8 DI SMPN 4 JAWAI
Abstract
Penelitian ini berangkat dari fenomena bahwasanya untuk mencegah intoleransi, radikalisme, dan ekstrimisme maka diperlukan implementasi nilai-nilai moderasi beragama kepada siswa muslim maupun kepada siswa yang non muslim di SMPN 4 Jawai. Fokus penelitian ini adalah 1). Apa saja nilai-nilai moderasi beragama dalam buku ajar Pai, 2). Bagaimana penerapan moderasi beragama di SMPN 4 Jawai, 3). Bagaimana implikasi nilai-nilai moderasi beragama dalam lingkungan SMPN 4 Jawai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tentang “ Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Buku Ajar PAI Kelas 8 Di SMPN 4 Jawai” secara umum diantaranya: 1. Nilai-nilai moderasi beragama dalam buku ajar PAI: 1) nilai tasamuh (toleransi), 2) Nilai tawazun (seimbang), 3) Nilai tawassuth (tengah-tengah), 4) Nilai musawah (egaliter), 5) Nilai i’tidal (tegas), 6) Nilai syura (musyawarah). Dan nilai-nilai moderasi beragama sudah tertuang di dalam visi-misi sekolah yaitu :nilai-nilai moderasi beragama sudah tertuang di dalam visi dan misi yaitu nilai religius yang terdapat di Visi 1. Beriman dan bertaqwa pada Tuhan YME dan berakhlak mulia, dan tertuang di Misi 1. Menyelenggarakan program kegiatan pembiasaan beriman dan bertaqwa dan berakhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. 2. Penerapan moderasi beragama di SMPN 4 Jawai : 1) Guru mendidik dan memberikan pemahaman pengertian moderasi beragama, 2) Guru memberikan pemahaman untuk menghargai orang lain, 3) Guru memberikan pemahaman untuk menghormati orang lain, 4) Guru memberikan pemahaman untuk mengasihi dan menyayangi orang lain, 5) Guru memberikan pemahaman untuk saling toleransi terhadap agama lain, 6) Guru memberikan pemahaman untuk saling kerjasama tolong menolong. 3. Implikasi nilai-nilai moderasi beragama dalam lingkungan SMPN 4 Jawai: bahwa guru selalu memberikan Implikasi pemahaman baik terhadap pola pikir peserta didik maupun implikasi terhadap perilaku peserta didik.