Pengeloaan Kelas Pada Mata Pembelajaran Akidah Akhlak di Kelas XI MA Al-Jihadiyah Tahun Ajaran 2021/2022
Abstract
Pengelolaan kelas merupakan upaya yang dilakukan oleh seorang guru untuk menciptakan suasana pembelajaran yang efektif, menyenangkan, dan berkualitas bagi peserta didik. Kemampuan dalam mengelola kelas yang pertama harus dikuasai oleh guru yaitu keterampilan untuk mengelola kelas, yang meliputi keterampilan untuk memahami, memilih, dan menggunakan berbagai pendekatan dalam pengelolaan kelas. Tujuan pelaksanaan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pendekatan apa yang di gunakan oleh guru mata pelajaran Akidah Akhlak di Kelas XI MA Al-Jihadiyah Tahun Ajaran 2021/2022 dalam pengelolaan kelas, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam pengelolaan kelas pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Kelas XI MA Al-Jihadiyah Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (Field Research), teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendekatan pengelolaan kelas yang di gunakan guru akidah akhlak kelas XI Ma Al-jihadiyah hanya satu yaitu pendekatan permisif, dimana guru memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam proses pembelajarannya, tetapi kebebasan disini tetap ada batasan-batasan tertentu. Batasan-batasan tersebut dibuat secara bersama-sama antara guru dan peserta didik diawal pertemuan dengan membuat kontrak mengenai aturan-atauran yang harus di taati bersama-sama. Hambatan yang dihadapi guru Akidah Akhlak kelas XI di MA Al-Jihadiyah dalam melaksanakan pengelolaan kelas yaitu ada pada aspek peserta didik dan juga fasilitas sekolah.
References
Aslamiah, Diani Ayu Pratiwi, and Akhmad Riandy Agusta. Pengelolaan Kelas. Cet ke-1. Depok: Rajawali Pers, 2022.
Darman, Andi. “Manajemen Pengelolaan Kelas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa.” IQRO: Journal of Islamic Education 1, no. 2 (2018): 163–176.
Minsih, and Aninda Galih D. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas.” Profesi Pendidikan Dasar 5, no. 1 (July 31, 2018): 20–27. Accessed February 12, 2023. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/6144.
Nugraha, Muldiyana. “Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran.” Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 4, no. 1 (2018): 27–44. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbaw.
NURMALASARI, NENENG. “Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 2, no. 1 (2019): 1–10.
Parhusip, Holmes, Heryanto, Pandapotan Tambunan, Hartono, and Jainal Togatorop. Manajemen Kelas. Cet ke-1. Malang: Literasi Nusantara, 2021. https://www.google.co.id/books/edition/MANAJEMEN_KELAS/Xp9BEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengertian+pengelolaan+kelas&pg=PA4&printsec=frontcover.
Widiasworo, Erwin. Cerdas Pengelolaan Kelas. Cet ke-1. Yogyakarta: Diva Press, 2018. https://www.google.co.id/books/edition/Cerdas_Pengelolaan_Kelas/hZmyDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Cerdas+pengelolaan+kelas&printsec=frontcover.
Copyright (c) 2022 TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.