Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia dan Implikasinya terhadap Sistem Pendidikan Nasional
Abstract
Perkembangan pendidikan Islam di Indonesia didukung oleh aspek historis, yuridis, lembaga, dan organisasi keagamaan Islam. Sedangkan jejaring pendidikan Islam Indonesia di level internasional lebih dipengaruhi dari faktor kepemimpinan lembaga pendidikan Islam itu sendiri dalam membangun jaringan. Ada tiga hal yang terkait dengan pendidikan Islam dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003: Pertama, kelembagaan formal, nonformal, dan informal didudukkannya lembaga madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan formal yang diakui keberadaannya setara dengan lembaga pendidikan sekolah. Kedua, pendidikan Islam sebagai mata pelajaran yaitu pelajaran agama sebagai salah satu mata pelajaran yang wajib diberikan kepada peserta didik di semua jalur, jenis dan jenjang pendidikan. Ketiga, pendidikan Islam sebagai nilai, terdapat seperangkat nilai-nilai islami dalam sistem pendidikan nasional.
References
Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium. Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu, 1999.
Bashori, Bashori. “Transformasi Kepemimpinan Perguruan Tinggi dan Jejaring Internasional.” PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (10 Desember 2019). https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.1153.
Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2006.
developer, mediaindonesia com. “Pendidikan, Perdamaian, dan Kontribusi NU-Muhammadiyah,” 2023. https://mediaindonesia.com/opini/217565/pendidikan-perdamaian-dan-kontribusi-nu-muhammadiyah.
Huda, Miftahul. “Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia Dan Upaya Penguatannya Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Journal of Islamic Education Research 1, no. 02 (29 Juni 2020): 39–53. https://doi.org/10.35719/jier.v1i02.24.
“Kemenag: Ada Lebih Dari 30 Ribu Pesantren Di Indonesia, Ini Sebarannya | Databoks,” 2023. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/03/06/kemenag-ada-lebih-dari-30-ribu-pesantren-di-indonesia-ini-sebarannya.
Mansur. Peradaban Islam dalam Lintasan Sejarah. Jogjakarta: Global Pustaka Utama, 2004.
Moon, Al. “Berapakah Jumlah RA & Madrasah di Indonesia?” Ayo Madrasah (blog), 2023. https://www.ayomadrasah.id/2016/07/jumlah-ra-madrasah-di-indonesia.html.
Muhaimin. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
Mulkhan, Abdul Munir. Nalar Spiritual Pendidikan -Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana, 2002.
Nabila, Dila Fitri, dan Abd Hayyi. “Dampak Globalisasi Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia.” Jurnal Pemikiran Dan Ilmu Keislaman 2, no. 2 (16 September 2019): 552–73.
Rahman, Kholilur. “Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia.” Jurnal Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (15 Februari 2018): 1–14.
Sakir, Moh. “Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Cendekia 12, no. 1 (2014).
Salmaa. “Studi Literatur: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Teknik Pengumpulan Datanya.” Penerbit Deepublish (blog), 17 Maret 2023. https://penerbitdeepublish.com/studi-literatur/.
Saputra, Fedry. “Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia.” AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam) 3, no. 1 (22 Januari 2021): 98–108. https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v3i1.1137.
“Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 2003.
Wikipedia. “Daftar perguruan tinggi Islam negeri di Indonesia.” dalam Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, 2023. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Daftar_perguruan_tinggi_Islam_negeri_di_Indonesia&oldid=22669869.
Copyright (c) 2023 TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.