Gambaran Motivasi Eksternal Peserta Didik Kelas VII di Mts Al-Fathimiyah Karawang
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai Motivasi Eksternal peserta didik kelas VII di MTs Al-Fathimiyah Karawang. Pada aktivitas pembelajaran di kelas VII MTs Al-Fathimiyah Karawang terdapat permasalahan di dalam kelas, yaitu menurunnya pencapaian hasil belajar siswa. Adanya siswa yang masih cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran serta kurang kesadaran Ketika mengerjakan tugas yang dikasih guru. Ada juga yang menunjukkan perilaku suka datang terlambat, tidak mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR), sikap peserta didik yang kurang baik dan kurang bersemangat saat mengikuti Pelajaran. Dari kebiasaan sikap tersebut mencerminkan rendahnya motivasi belajar yang dimiliki oleh peserta didik tersebut. Apabila kenyataan seperti itu diabaikan dan dibiarkan terus menerus, maka proses belajar mengajar di Mts. Al-Fathimiyah tidak akan berjalan dnegan baik dan tujuan Pendidikan tidak akan tercapai.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Motivasi eksternal peserta didik kelas VII di MTs Al-Fathimiyah Karawang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif menggunakan Teknik analisis deksriptif yang menggunakan alat bantu program IBM SPSS 23. Populasi penelitian ini berjumlah 151 peserta didik kelas VII di MTs Al-Fathimiyah Karawang, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 54 peserta didik yang diambil dari 2 kelas yaitu peserta didik kelas VII A dan VII D di MTs Al-Fathimiyah Karawang.
Hasil analisis menunjukkan nilai dari Rata-rata (Mean) sebesar 87,4, nilai Standar Deviasi (SD) sebesar 10,7, nilai Maksimum sebesar 108 dan nilai minimum sebesar 59. Kemudian di kelompokkan menjadi 3 kategorisasi yaitu tingkat rendah, sedang dan tinggi. Hasil dari kategorisasi pun meliputi 13 % Motivasi Eksternal peserta didik kelas VII di MTs Al-Fathimiyah Karawang yang berkategori rendah, 66,7% berkategori sedang dan 20,4% berkategori tinggi. Kesimpulan yang dapat diambil dari table diatas adalah skor Motivasi Eksternal peserta didik kelas VII di MTs Al-Fathimiyah Karawang kategori Sedang.
References
Agus Setiawati, Farida. 2017. Statistika Terapan untuk penelitian Pendidikan dan sosial.
Yogyakarta: Parama Publishing.
A.M, Sardirman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo
Persada .
A.M,Sardirman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pres.
B. Uno, Hamzah. 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
B. Uno, Hamzah. 2014. Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis Dibidang Pendidikan.
Jakarta: Bumi Aksara.
Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Chusnah, Dhuriatul. 2020. Pengaruh Motivasi Terhadap hasil belajar peserta didik mata
pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. Intitut Agama Islam Negeri Tulungagung: Skripsi.
Darmawan, Deni. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Daud Ali, Muhammad. 2002. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Depag RI. 2002. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Surabaya. CV “Aisyiah”.
Ghani, Bustami. 2000. Beberapa Aspek Ilmiah Tentang Al-Qur’an. Jakarta: Litera Antar Nusa.
Hasan, Iqbal. 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Mardiana, dkk. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits MI Muhammadiyah Sidobasuki Tegineneng Pesawaran. Universitas Muhammadiyah Lampung.
Octavia, Shilphy A. 2020. Motivasi Belajar dalam perkembangan remaja. Yogyakarta:
Deepublish.
Santoso, Singgih. 2010. Statistik Parametrik Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT:
Elex Media Komputindo.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Wibowo, Sugiyono Eri. 2002. Statistika Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Widiasworo, Erwin. 2016. 19 Kiat Sukses membangkitkan motivasi belajar peserta didik.
Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Copyright (c) 2023 TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.