Pengaruh Pembiasaan Shalat Dhuha terhadap Pembentukan Perilaku Disiplin Siswa Kelas VIII di SMPIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Karawang

  • Hafidz Rifqi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Achmad Junaedi Sitika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nurhasan Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Shalat Dhuha, Perilaku Dsiplin, Peserta Didik

Abstract

Shalat dhuha adalah shalat yang dikerjakan pada saat matahari mulai meninggi seukuran tombak sampai sebelum zawwal, sekitar pukul 08 sampai dengan sebelum shalat dzuhur tiba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan shalat dhuha siswa kelas VIII di SMPIT Al-Irsyad, untuk mengetahui perilaku disiplin siswa kelas VIII di SMPIT Al-Irsyad, untuk mengetahui pengaruh pembiasaan shalat dhuha terhadap pembentukan perilaku disiplin siswa kelas VIII di SMIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Karawang. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah korelasional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 95 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deksriptif daninfrensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif pembiasaan shalat dhuha peserta didik kelas VIII di SMPIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Karawang berada pada kategori sedang sebesar 64%. Berdasarkan hasil analisis deskriptif pembentukan perilaku disiplin siswa kelas VIII di SMPIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Karawang berada pada kategori sedang sebesar 63%. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS, uji persamaan regresi Ŷ = 21,617 + 0,954 X. Dan hasil uji signifikansi regresi diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 karena nilai signifikan lebih kecil dari atau (0,000 < 0.05), yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pembiasaan shalat dhuha terhadap pembentukan perilaku displin siswa. Dan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,475 yang mengandung arti bahwa persentase sumbangan pembiasaan shalat dhuha terhadap pembentukan perilaku disiplin siswa sebesar 47,5%.22:43.

 

References

Fadhlun, Muhammad. 2019. Dahsyatnya Shalat Tahajud Dan Shalat Dhuha. semarang: Syalmahat Publishing.
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kajian Teoretik & Praktik. Batu: Literasi Nusantara.
Heri Jauhai Muchtar. 2005. Fiqih Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Komaruddin. 2001. Ensiklopedia Manajemen. (Jakarta: Bumi Askara), Cet. II, h. 239.
Muhammad Maskub. 2016. Tuntunan Shalat Wajib dan Sunat ‘Ala Aswaja. Yogyakarta: Pustaka Baru. hlm. 503.
Rausyan Fikra. 2009. Di Balik Shalat Sunnah, (Sidoarjo: Mashun, 2009), hlm. 85.
Seto Mulyadi. 2004. Membantu Anak Balita Mengelola Amarahnya. PT. Gelora Aksara Pratama, h. 38.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Syaikh Hasan Ayyub. 2002. Fikih Ibadah, terj., Abdul Rasyid Shiddiq. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, hlm. 444.
Zayadi, Ahmad dan Abdul Majid. 2005. Tadzkiyah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Raja Grafindo Persadah, hal. 64.
Published
2023-12-30
How to Cite
Hafidz Rifqi, Achmad Junaedi Sitika, & Nurhasan. (2023). Pengaruh Pembiasaan Shalat Dhuha terhadap Pembentukan Perilaku Disiplin Siswa Kelas VIII di SMPIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Karawang. TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 5(02), 79-91. https://doi.org/10.52166/tabyin.v5i02.485
Section
Articles