Konsep Al-Quran tentang Pembelajaran Berbasis Moderasi Agama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pendidikan al-Qur’an dalam mencapai sistem pembelajaran moderasi agama. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) dan teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yakni melalui studi pustaka, buku, jurnal, dan referensi yang mendukung penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa moderasi agama adalah perintah agama yang tidak berlebih-lebihan dan tidak ekstrem sesuai yang telah dijelaskan di dalam al-Qur’an surat al-Maidah ayat 77. Dalam hal inilah yang kemudian di aplikasikan dalam kitab-kitab fiqh sebagai sebuah landasan atau sumber pembelajaran yang dilaksanakan dalam sistem pembelajaran yang terdapat di setiap pendidikan. Dalam pengembangan metode pendidikan al-Qur’an terhadap sistem pembelajaran moderasi agama, menggunakan beberapa metode yang lebih sering digunakan yakni metode ceramah, metode targhib dan tarhib serta metode peringatan yang dimana dalam metode ini agar dapat bersinergi dengan sistem pembelajaran moderasi agama. Sistem pembelajaran moderasi agama ini diharapkan sebisa mungkin mengajarkan anak didik mampu menjadi lebih sadar terhadap ajaran agama mereka sendiri dan sadar adanya realitas agama lain, dan mendorong anak didik untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang dimana terlibat berbagai penganut agama berbeda, serta anak didik bisa mengembangkan potensi yang dimiliki termasuk potensi keberagaman mereka sehingga anak didik mampu mengontrol kehidupan mereka sendiri. Sehingga dalam hal ini lah perlu adanya pemahaman metode pendidikan al-Qur’an yang ditanamkan untuk anak didik agar dapat diterapkan di sistem pembelajaran moderasi agama dan kemudian diaplikasikasi dalam kehidupan sehari-hari.
References
Abdullah, and Zaenal. 2018. “Pemanfaatan Modul Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Penerapan Metode Targhib Dan Tarhib Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keimanan Peserta Didik SD Negeri 5 Mamuju Kabupaten Mamuju,”
Andriani, Tuti. (2015). “Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi.” Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial Dan Budaya Vol. 12, N: 127.
Darlis. (2017). “Mengusung Moderasi Islam Di Tengah Masayarakat Multikultural.” Rausyan Fikr Vol. 13, N: 225–55.
Dawing. (2017). “Mengusung Moderasi Islam Di Tengah Masayrakat Multikultural.” Studi Ilmu Ushuluddim Dan Filsafat Vol. 13, N: 225–55.
Delvin, and Joseph. 1961. A Dictionary Od Synobyms and Antonyms.
Fahri, Mohamad, and Ahmad Zainuri. 2019. “Moderasi Beragama Di Indonesia.” Raden Fattah, Vol. 25, No. 2, 95.
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar.
Hanan, Zaini Abdul. 2020. “Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Al-Qur’an Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Dan Sains Vol. 2, No : 58–67.
Harahap, and Ahmad Sukri. 2018. “Metode Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.” Hikmah Vol. 15, N (): 13–20.
Harto, Kasinyo, and Tastin. 2019. “Pengembangan Pembelajaran PAI Berwawasan Islam Wasatiyah: Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Peserta Didik.” At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam Vol. 18, N: 89.
Ihsan, Fuad. 2000. Dasar-Dasar Kependidikan.
Mangsur, and Mochamad. 2015. “Metode Pendidikan Islam Dalam Perspektif Al-Qur’an Surah Al-Maidah Ayat 67 Dan Al- Anahl Ayat 125.” IAIN Salatiga.
Mardeli. “Konsep Al-Qur’an Tentang Metode Pendidikan Islam.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 2011, 137–54.
Qowim, and Agus Nur. 2020. “Metode Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an.” IQ (Ilmu Al-Quran): Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3, No: 35–58.
Rahmat, Munawar. 2018. “Model Perkuliahan Pendidikan Agama Islam Yang Damai, Moderat, Dan Toleran.” Nadwa Vol 12, No: 39.
Rianie, and Nurjannah. 2015. “Pendekatan Dan Metode Pendidikan Islam.” Management of Education Vol. 1, No.
Rusman, Deni Kurniawan, and Cepi Riyana. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Mengembangkan Profesionalitas Guru. Edited by PT. Rajagrafindo Persada.
Said, and Nurhidayat Muh. 2015. “Metode Dakwah (Studi Al-Qur’an Surh Al-Nahl Ayat 125.” Jurnal Dakwah Tabligh Vol.16, No: 78–89.
Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif.
Solichin, Mohammad Muclis. 2018. “Pendidikan Islam Moderat Dalam Bingkau Kearifan Lokal.” Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam Vol 8, No. (): 174.
Susilo, Muhammad Joko. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Wahyudi. 2011. “Tipologi Islam Moderat Dan Puritan: Pemikiran Khaled M. Abou El-Fadl.” Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam Vol. 1, No.
Zafi, Ashif Az. 2019. “Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Al-Qur’an Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis Vol. 21, N: 23.
Copyright (c) 2023 TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.