Hubungan Pembelajaran Fiqih Dengan Motivasi Ibadah Sholat
Abstract
Pembelajaran fiqih ini bertujuan memiliki capaian yang begitu amat besar yakni dapat memberi motivasi atau rangsangan kepada manusia untuk mampu memahami, menerapkan dan mengamalkan syari’at Islam dikehidupan sehari-hari. Motivasi dapat artikan sebagai pendorong yang ada di dalam diri seseorang ketika dia melakukan tindakan tertentu untuk mencapai suatu tujuan. Sholat dapat diartikan sebagai do’a dan shalat fardhu adalah rukum Islam Siswa kelas VII di MTsN 4 Karawang masih banyak yang belum mengetahui ketentuan ibadah dan melalaikan ibadah salah satunya ibadah sholat. Peneliti tertarik untuk meneiliti hubungan atau kolerasi Pembelajaran Fiqih dengan Motivasi Sholat Fardhu siswa kelas VII di MTsN 4 Karawang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metide kolerasi yaitu mencari hubungan Variabel Independent dan Variable Dependent, menggunakan pengumpulan data kuesioner, dan pengolahan data uji validitas, uji reabilitas dan uji kolerasi. hasil penelitian menunjukan hubungan korelasi rendah, Nilai sig. 0,050, karena nilai sig. tepat diangkat 0,05 maka perlu dibandingkan nilai pearson correlations dengan r table. Nilai korelasi sebesar 0,243 0,244, maka dapat dinyatakan bahwa tidak terdapat hubungan antara varibel X (Pembelajaran Fiqih) dengan Variabel Y (Motivasi Sholat fardhu)Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian maka dapat disimpulkan Hasil penelitian di lapangan dan analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran fiqih memiliki hubungan atau kolerasi yang rendah terhadap motivasi sholat fardhu siswa kelas VII di MTsN 4 Karawang. Adanya faktor lain yang memperngaruhi motivasi sholat fardhu siswa seperti lingkungan dan keluarga.
References
Humaidi, Muchtim. Pengantar Ilmu Fiqh: Periodisasi, Sumber, dan Metode Istinbath Hukum.PT. Nasya Expanding Management, Pekalongan. 2021.
Machfud Saefudin, W. P. (2020). PEMEBENTUKAN KONTROL DIRI SISWA
DENGAN PEMBIASAAN ZIKIR ASMAUL HUSNA DAN SHALAT BERJAMAAH. Jurnal Peurawi, 85.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: ALFABETA
Copyright (c) 2024 TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.