Peran Guru Akidah Akhlak dalam Mengembangkan Karakter Siswa di Mts Al-Fathimiyyah Karawang
Abstract
Tema mengenai pendidikan karakter saat ini hangat diperbincangkan dalam berbagai pertemuan keilmiahan, seminar, lokakarya, publikasi di media, buku ilmiah pendidikan, dan lain sebagainya. Sejalan dengan ini kondisi negara sedang dalam keadaan krisis identitas, krisis moral bahkan sampai pada krisis keteladanan. Kegiatan bahkan perilaku siswa yang menyimpang sedikit banyak nya membuktikan lemahnya karakter anak bangsa, terlihat pada beberapa kasus di sekolah yang biasa terjadi seperti kasus bullying, kekerasan, pergaulan bebas hingga hilangnya moral dan akhlak peserta didik menandakan kurangnya pendidikan karakter yang di ajarkan dan diterapkan di sekolah, ini menjadi kasus permasalahan lain yang menjadi tanggung jawab bersama terutama pendidik untuk memperbaiki dan membenahi masalah yang terjadi dapat berupa memberikan pendidikan maupun pembelajaran yang lebih kompeten mengenai akidah akhlak, dan adab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru atau tenaga pendidik dalam usaha membentuk karakter siswa di Mts Al-Fathimiyyah Karawang.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu di analisis melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Teknik keabsahan data memakai perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trigulasi.
Peran guru akidah dalam membentuk karakter siswa di Mts Al-Fathimiyyah sendiri dalam pengamatan sampai saat ini sebenarnya belum cukup berhasil dalam membentuk karakter anak secara tetap. Pada kenyataannya masih banyak kasus pembullyan yang dilakukan oleh satu anak kepada anak lain, selain itu terdapat pula anak yang berperilaku baik hanya kepada guru yang mereka segani dan takuti. Meski begitu penanaman nilai moral dan pengetahuan mengenai akhlak dan adab sudah mereka pahami. Ini menandakan bahwa perlu nya evaluasi kepada guru-guru agar lebih memperhatikan dalam menerapkan nilai-nilai moral yang sudah diajarkan sebelumnya.
Downloads
References
Indriantoro, N., & Supono, B. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk. Akuntansi Dan Manajemen. Bpfe Yogyakarta.
Jundullah, M., Nur, T., & Herdiana, Y. (2022). Pembinaan Karakter Santri Melalui Latihan Pidato (Muhadhoroh) Di Pondok Pesantren Modern Darussalam Bekasi. Islamika, 4(4), 516–527. Https://Doi.Org/10.36088/Islamika.V4i4.2043
Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (Lpsp).
Purwanti, E., & Haerudin, A. D. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Thufula : Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 260–275.
Copyright (c) 2023 Salsabila Nurfitria, Abdurrohim, Taufik Mustofa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.