Pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

  • Landy Arief Syaputra Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Debibik Nabilatul Fauziah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Neng Ulya Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: model pembelajaran make a match, hasil belajar, pendidikan agama islam

Abstract

Permasalahan yang terjadi di SMPN 1 Karawang Timur khususnya bagi siswa kelas VII yaitu masih terdapat siswa yang belum menjangkau nilai KKM pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, hal ini disebabkan guru yang sering menggunakan metode konvensional dan model pembelajaran yang monoton. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII di SMPN 1 Karawang Timur.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis ex post facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan angket/kuesioner. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji t. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B dan VII E yang berjumlah masing – masing adalah 40 orang dengan total jumlah siswa 80 orang.

Dari hasil penelitian yang didapat penerapan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VII di SMPN 1 Karawang Timur cukup baik dimana terdapat 7 siswa dengan persentase 8,75% dalam kategori baik, 39 siswa dengan persentase 48,75% dalam kategori cukup, 34 siswa dengan persentase 42,5% dalam kategori kurang baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match adalah cukup. Untuk hasil belajar pendidikan agama islam terdapat 38 siswa dengan persentase 47,5% dalam kategori baik, 39 siswa dengan persentase 48,75% dalam kategori cukup, 3 siswa dengan persentase 3,75% dalam kategori kurang baik. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pendidikan agama islam adalah cukup. Selanjutnya hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas VII di SMPN 1 Karawang Timur dengan nilai signifikansi sebesar 0.003 sedangkan kriterianya adalah apabila nilai sig < 0.05 maka (Ha) diterima, yaitu terdapat pengaruh antara model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas VII di SMPN 1 Karawang Timur. Besar nya pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar pendidikan agama islam yaitu sebesar 10,5% sedangkan 89,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aris, M. (2022). Ilmu Pendidikan Islam. Cirebon: Yayasan Wiyata Bestari Samasta. Retrieved from http://wbs-indonesia.com/
Arjuna, E. (2018). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 78 Kota Bengkulu Skripsi.
Fauhah, H., & Rosy, B. (n.d.). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
Khazin, M. (2021). Kedudukan Sunnah Dalam Hukum Islam. Retrieved from www.al-insaf.stai-imamsyafii.ac.id
Ramayulis. (2005). Metodologi Pendidikan Agama Islam,. Jakarta: Kalam Mulia.
ricardo, & meilani, r. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa (The impacts of students' learning interest and motivation on their learning outcomes). Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Grafindo.
Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Subagio. (n.d.). Metodologi Penelitian Kuantitatif.
Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Belajar.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Triyanto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, Implementasinya Dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2024-04-30
Section
Articles