Pengaruh Penerapan Metode Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan metode talking terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA Kelas IV. Metode yang akan digunakan adalah metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu one grup pretest-posttest design yaitu dengan menggunakan satu kelompok subjek. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di SD Negeri 123 Palembang di Kelas IV A yang berjumlah 20 siswa. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji linearitas, uji homogenitas dan uji paired sample t-test. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa nilai sig 0,000 < dari 0,05 dan t hitungnya 4,459 > t tabel 2,101. H0 ditolak dan Ha diterima memiliki makna bahwasanya ada pengaruh antara pretest dan postest. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan metode talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD Negeri 123 Palembang.
Downloads
References
Akbar, Aulia. “Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru.” JPG: Jurnal Pendidikan Guru 2, no. 1 (21 Januari 2021): 23–30. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099.
Asra, Tika Miranda, Hasrul Hasrul, Azwar Ananda, dan Yusnanik Bakhtiar. “Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi Covid-19.” Journal of Education, Cultural and Politics 3, no. 2 (18 Juni 2023): 205–15.
Bustami, Bustami, Dahlan Abdullah, dan Fadlisyah Fadlisyah. Statistika: Terapannya pada Bidang Informatika. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.
Dakhi, Agustin Sukses. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Education And Development 8, no. 2 (7 Mei 2020): 468–468.
Diana, Eka, dan Moh Rofiki. “Analisis Metode Pembelajaran Efektif Di Era New Normal.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 3, no. 2 (31 Desember 2020): 336–42. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1356.
Faradita, Meirza Nanda. “Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar.” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 2, no. 1A (25 April 2018): 47–58. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2349.
Febriana, Rina. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.
Kusumayani, Ni Kadek Mila, I. Made Citra Wibawa, dan Kadek Yudiana. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa IV SD.” Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia 2, no. 2 (6 September 2019): 55–65. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805.
Lindawati, Yustika Irfani, dan Catur Arif Rahman. “Adaptasi Guru Dalam Implementasi Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 3, no. 1 (25 November 2020): 60–67.
Malau, Ebita. “Kajian Deskriptif Tentang Pembelajaran Pasca Pandemi Dalam Paradigma Keilmuan.” Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran 1, no. 2 (30 Desember 2021): 30–34. https://doi.org/10.56393/lentera.v1i2.422.
Manuaba, Ida Bagus Ngurah, Nyoman Kusmariyatni, dan Made Citra Wibawa. “Pengaruh Metode Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Karangasem Tahun Pelajaran 2013/2014.” Mimbar PGSD Undiksha 2, no. 1 (17 Februari 2014). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2234.
Marbun, Purim. “Disain Pembelajaran Online pada Era Dan Pasca Covid-19.” CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal) 12, no. 2 (3 Maret 2021): 129–42. https://doi.org/10.22303/csrid.12.2.2020.129-142.
Muzdalifa, Eva. “Learning Loss Sebagai Dampak Pembelajaran Online Saat Kembali Tatap Muka Pasca Pandemi Covid 19.” GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2, no. 1 (13 Juni 2022): 187–92.
Nabillah, Tasya, dan Agung Prasetyo Abadi. “Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa.” Prosiding Sesiomadika 2, no. 1c (2020). https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685.
Narayana, I. Wayan Gede. “Analisis Terhadap Hasil Penggunaan Metode Pembelajaran Synchronous Dan Asynchronous.” Semnasteknomedia Online 4, no. 1 (22 Februari 2016): 1–139.
Nasution, Mardiah Kalsum. “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 11, no. 01 (2017): 9–16.
Pantas, Hendrik, dan Krista Surbakti. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick.” Jurnal Curere 4, no. 1 (18 Mei 2020): 33–42. https://doi.org/10.36764/jc.v4i1.333.
Payadnya, Putu Ade Andre, dan Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Budi Utama, 2018.
Primawati, Primawati, Ambiyar Ambiyar, dan Devia Ramadhani. “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Talking Stick.” Invotek (Korelasi Minat Berwirausaha Dengan Kinerja Praktik Kerja Industri Siswa SMK) 17, no. 1 (April 2017): 73–80.
Pujowati, Yenik. “Dinamika Kebijakan Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19.” Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo 14, no. 2 (14 November 2021): 158–64. https://doi.org/10.21107/pamator.v14i2.11574.
Rahmat, Rahmat. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Konteks Kurikulum 2013,. Yogyakarta: Bening Pustaka, 2019.
Rozali;, Ratnawati Susanto; Yuli Asmi. Model pengembangan kompetensi pedagogik / Ratnawati Susanto. Rajawali Pers, 2020. //senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=14143&keywords=.
Sabardila, Atiqa, Arif Rahman Fachri, Eric Santoso, Ninik Nur Aini, Mila Safitri, Dita Meinindya Putri, Novita Aisah Damayanti, Linda Hermawati, Adisti Nur Pratiwi, dan Ria Safira. “Peningkatan Antusiasme Dan Pemahaman Siswa Dalam PBM Melalui Metode Talking Stick Di MIM Jatisari Kedungdowo, Boyolali.” Buletin KKN Pendidikan 1, no. 2 (6 Mei 2020): 56–62. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10765.
Salimah Inayatus, I. S. “Pengaruh Metode Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri Jaddih 4.” Other, Stkip Pgri Bangkalan, 2021. http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/1253/.
Saputra, Dwi Dinawan, Muhammad Tahir, dan Ida Ermiana. “Pengaruh Metode Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V DI SDN 12 Ampenan Tahun Ajaran 2021.” Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal 3, no. 1 (17 Juni 2022): 1–9. https://doi.org/10.29303/pendas.v3i1.84.
Somantri, Diki. “Abad 21 Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru.” Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi 18, no. 02 (24 Juli 2021): 188–95. https://doi.org/10.25134/equi.v18i2.4154.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Triwiyanto, Teguh. Pengatar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Ulfa, Maria, dan Saifuddin Saifuddin. “Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran.” SUHUF 30, no. 1 (17 April 2018): 35–56. https://doi.org/10.23917/suhuf.v30i1.6721.
Wahyuni, Sri. “Penerapan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV Di SDN 2 Posona.” Jurnal Kreatif Online 1, no. 1 (10 Mei 2014). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2515.
Wulandari, Medita Ayu, Hana Sakura Putu Arga, Jajang Bayu Kelana, Deden Herdiana Altaftazani, dan Siti Ruqoyyah. “Analisis Pembelajaran Daring Pada Guru Sekolah Dasar di Era Covid-19.” Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi 7, no. 2 (3 November 2020): 164–68. https://doi.org/10.22460/p2m.v7i2p%p.2002.
Copyright (c) 2024 Fitri Selviah, Muhamad Afandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.