Pengaruh Kecerdasan Sosial Tehadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik
Abstract
Kecerdasan sosial adalah kemampuan untuk memahami dan mengatur orang untuk bertindak bijaksana daalam menjalin hubungan dengan orang lain. Orang yang dengan kecerdasan sosial nya tinggi tidak akan menemui kesulitan Ketika memulai suatu komunikasi dengan orang lain atau sebuah kelompok tertentu baik kelompok besar maupun kelompok kecil. Mereka dengan mudahnya memanfaatkan dan menggunakan kemampuan otaknya dan bahasa tubuhnya untuk “membaca” lawan bicaranya. Hasil belajar adalah perubahan perilaku siswa akibat belajar. Pencapaian ini didasarkan pada tujuan pengajaran yang telah ditetapkan. Hasil itu dapat berupa perubahan dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Kecerdasan sosial sangat penting bagi kehidupan sehari-hari, dengan ini siswa bisa berkomunikasi dengan baik dengan orang sekitar. Hal tersebut mendorong peneliti untuk melakukan penelitian ini.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecerdasan sosial peserta didik kelas VIII di SMPN 7 Karawang Barat, untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan agama islam peserta didik kelas VIII SMPN 7 Karawang Barat, untuk mengetahui pengaruh kecerdasan sosial terhadap hasil belajar Pendidikan agama islam peserta didik kelas VIII di SMPN 7 Karawang Barat.
Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah korelasional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 53 orang, untuk mengumpulkan data menggunakan instrument skala likert dan format dokumentasi yang dianalisis menggunakan statistic deskriptif dan inferensial.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif kecerdasan sosial peserta didik kelas VIII di SMPN 7 Karawang Barat berada pada kategori sedang sebesar 70%, berdasakan hasil analisis deskriptif hasil belajar Pendidikan agama islam peserta didik kelas VIII di SMPN 7 Karawang Barat berada pada kategori sedang sebesar 72%. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS, persamaan regresinya yaitu:Ŷ = 67.569 + 0.204 X. dari hasil uji signifikansi regresi diperoleh nilai signifikan sebesar 0.018, maka nilai sig. 0.018 < 0.05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,104 yang mengandung arti bahwa persentase sumbangan kecerdasan sosial terhadap hasil belajar pendidikan agama islam sebesar 10,4% dan sisanya 89,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.
Downloads
References
Aldily, Ridho. “The Power of Social and Emotional Intelligence (), Yogyakarta: PT Anak Hebat Indonesia.” In Menggali Kekuatan Pada Kecerdasan Sosial Dan Kecerdasan Emosional Yang Membantumu Menggapai Impian, 10–12, 2017.
Goleman, Daniel. Social Intelligence: Ilmu Baru Tentang Hubungan Antar-Manusia. PT.Gramedia Pustaka Utama, 2007.
Hildayani, Rini. “Psikologi Perkembangan Anak, Jakarta: Universitas Terbuka.” In Psikologi Perkembangan Anak, 118, 2007.
Nurjannah. “Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam.” HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam 14, no. 1 (2017): 54–55.
Safaria, T. Interpersonal Intellegence: Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Yogyakarta: Penerbit Amaran Books, 2005.
Slameto. “Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (Cet V; Jakarta: PT. Rineka Cipta.” In Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, 2, 2010.
Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Bandung: Penerbit Alfabeta).” In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, 456, 2018.
———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Koleksi Buku UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang, 2017.
Suprijono, Agus. “Cooperative Learning : Teori Dan Aplikasi PAIKEM (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).” In Cooperative Learning : Teori Dan Aplikasi PAIKEM, 7–6, 2009.
Copyright (c) 2024 Dewi Nur Fariida, Amirudin, Iqbal Amar Muzaki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.