Pembiasaan Sholat Dhuha dan Membaca Al-Qur’an Era New Normal dalam Peningkatan Akhlak di SDN Blimbing Gudo Jombang

  • Ali Mustofa STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang
  • Abdul Ghofur STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang
Keywords: Pembiasaan Sholat dhuha, membaca Al-Qur’an Akhlak Era New Normal

Abstract

Pasca pandemi akhlak siswa menurun, hal ini dikarenakan kurangnya pertemuan tatap muka antara guru dengan murid. Saat new normal SDN Blimbing mengerakkan kegiatan pelaksanaan shalat dhuha berjama’ah dan membaca al-Quran yang dilakukan untuk mengembangkan karakter keimanan peserta didik dan kesadaran untuk beribadah.  Pembiasaan-pembiasaan secara islami meliputi sholat dhuha dan membaca Al-qur’an merupakan keberimanan seseorang yang diukur secara akhlaki. Indikasi bahwa akhlak bisa dipelajari dengan metode pembiasaan, pembiasaan secara terus menerus akhirnya mendapakan akhlak yang hasanah. Diberbagai sekolah dasar yang ada disekitar kita, termasuk yang menerapkan progam membiasakan Sholat dhuha dan membaca Al-Qur’an sehingga peserta didik sangat antusias sekali dalam mengikuti progam tersebut. Adapun akhlak yang muncul dari pembiasaan tersebut menjadikan anak lebih disiplin artian disiplin waktu dan tempat, tanggung jawab, dan religius.  Dari pembahasan ini dapat disimpulkan: 1) Pembiasaan Shalat Dhuha dan membaca al qur’an dilaksanakan setiap hari sebelum proses pembelajaran agar memunculkan peningkatan akhlak. 2) Shalat Dhuha dan membaca al qur’an dilaksanakan berjamaah di musholla dengan imam yang sudah terjadwal. 3) Kebiasaan melaksanakan shalat dhuha dan membaca al qur’an sebelum kegiatan belajar mengajar merupakan upaya mewujudkan fondasi anak shaleh dan unggul.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, D. (2011). Pendidikan Karakter Persepektif Islam. Bandung: Rosda Karya.
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Chatib, T. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogjakarta: Pusat Belajar.
Daradjad, Z. (1995). Metode Khusus Mengajar Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Fathoni. (2006). Organisasi dan Menejemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Iskandar. (2013). Metodelogi Penelitian dan Sosial. Jakarta: Referensi.
Kesuma, D. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktis di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lestari, S. (2013). Pisikologi Keluarga Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarag. Jakarta: Kencana.
Madjid, N. (2000). Masyarakat Relegous Membumikan Nilai-nilai Dalam Islam Kehidupan Masyarakat. Jakarta.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Muhaimin. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media.
Muchlis, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. jakarta: BumiAksa.
Muliawn, J. U. (2005). Pendidikan Islam Integratif Upaya Mengintegrasikan Kembali Dikotomi Ilmu dan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyasa. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Sawon Raya no18.
Pem belajara, T. P. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres Ke-3.
Ruhimat, T. (2012). Prosedur Pembalajaran. Bandung: Diretori UPI.
Samani, M. (2017). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Setiawan, E. (2010). KBBI Offline Versi 1.1. KBBI Offline Versi 1.1. Diambil kembali dari http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/
Sihab, M. (2003). Wawasan Ai-Quran: Tafsir Maudhu'i Atas Berbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.
Sudjana. (1999). Tuntutan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sulistiyowati, E. (2012). Implementasi Kurukilum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Citra Aji Parama.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Susilowati. (1997). Membimbing Mendidik dan Mendisiplinkan Anak Secara Efektif. Jakarta: Restu Agung.
Syarnubi. (2003). Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Pemikiran M. Quraish Shihab Studi atau Tafsir al-Misbah. Yogyakarta: Tesis Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Warista, B. (2008). Teknologi Pembelajaran Lanadasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2022-10-08
Section
Articles