Sholat Dhuha Dalam Peningkatan Akhlak di MI Al-Urwatul Wutsqo Jombang

(Studi Analisis Pemuliaan Akhlak Dampak Pandemi)

  • Nurul Indana STIT Al-Urwatul Wutsqo Jombang
Keywords: Sholat Dhuha dan Akhlakul Karimah

Abstract

Salah satu manfaat  dari sholat dhuha yaitu perbaikan akhlak seseorang. Seorang siswa jika melakukan sholat dhuha berjamaah tiap hari di madrasahs maka akhlaknya akan baik yaitu anak akan berperilaku disiplin di sekolahnya. Melihat betapa pentingnya akhlak siswa-siswi, maka dibutuhkan seorang pendidik untuk membina dan meningkatkan akhlak siswa. Dengan penanaman akhlak siswa yang baik, siswa dapat melakukan kegiataan sholat dhuha dengan istiqomah, sehingga pelaksanaan sholat dhuha berjalan dengan lancar dan tanpa paksaan. Tujuan penelitian ini Untuk mendiskripsikan peningkatan akhlakul karimah siswa di MI Al Urwatul Wutsqo Jombang, Untuk mendeskripsikan pelaksanaan sholat dhuha siswa di MI Al Urwatul Wutsqo Jombang. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akhlak siswa di MI Al Urwatul Wutsqo Jombang ini dikatakan baik karena siswa selalu bersikap sopan, santun, menghormati, mendengarkan. Namun masih ada sebagian siswa yang masih kurang dikarenakan masih menjumpai siswa yang terlambat. Hal ini juga karena lamanya pandemi yang membawa efek samping pada sisitem tatap muka sekolah. Siswa yang datang terlambat diberi hukuman agar siswa tersebut tidak melakukan kesalahan lagi, hukumannya seperti berjemur dan menghafal surah-surah pendek. dengan memberi hukuman siswa lebih disiplin lagi. Dengan disiplin dalam melaksanakan sholat dhuha maka akhlak kita akan menjadi lebih baik. Sehingga guru memberi nasehat pada siswa agar mereka selalu barakhlak yang baik dengan pelaksanaan sholat dhuha tersebut melatih siswa agar berperilaku yang baik terhadap orang tua, guru dan lain-lain. Mengingatkan siswa selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, dan pengetahuan, yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmaran. (2012). Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: Rajawali Press.
Aziz Abdul (2009) , Fiqih Ibadah, Jakarta: Amzah
Ali Zaenuddin (2007). Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Bumi Aksara.
Munir Azhar. (2011). Pedoman Lengkap Sholat-Sholat Sunnah, Jakarta : Sangkala.
Egha, Zainur Ramadhani. (2007). Gasya Hidup Sehat Rasulullah. Yogyakarta: Pro- U Media
Fachruddin. (2002). Pembinaan Mental Bimbingan Al-Quran,
Jakarta: Rineka Cipta.
Firdaus, Wajdi. (2006). Shalat Sunah Favorit Nabi. Jakarta: Alifbata
Fiqhiyyah (1993), Fiqih Ibadah, Jakarta: Amzah
Ilyas Yunahar. (2018). Kuliah Akhlak. Yogyakarta: Lppi.
Mas’ud dan Abidin S. (2007). Fiqh Madzhab Syafi’i. Bandung: CV Pustaka Setia,
Mustofa. (2013). Akhlak Tasawuf. Bandung : Cv Pustaka Setia.
M. Arifin, (2011). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Nata, Abuddin. (2011). Akhlak Tasawuf. Jakarta: Rajawali Pers
Nasution Harun (1985), Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspek, Jakarta: UI.
Saefulloh, Muhammad Satori. (2004). Sifat Ibadah Nabi. Jakarta: Pustaka Amanah
Sa’id bin Ali bin Wahaf al Qathani, Shalatul Mu’min. (2006). Panduan Shalat Lengkap terj. Ibnu Abdillah. Jakarta: al Mahira
Saleh, Hassan. (2008). Kajian Fiqh Nabawi & Fiqh Kontemporer. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Samsul, Munir Amin dan Hariyanto al-Fandi. (2011). Etika Berdzikir. Jakarta: Bumi Aksara
Shalih bin Fauzan bin Abdulah, at Tauhid Li ash- Shaff al- Awwal al- ‘Ali. (2013). Kitab Tauhid terj. Agus Hasan Bashori, Lc. Jakarta: Darul Haq
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendiidikan. Bandung: Alfabeta.
Zainal Alim. (2008). The Power Of Shalat Dhuha, Jakarta: Quantum Media.
Zulkarnain. (2008). Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zainuddin. (2013). Jurnal Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.
Zakiah Daradjat. (1996). Metodologi Pengajaran Agama . Jakarta : Busmi Aksara,
Published
2022-10-08
Section
Articles