IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 1 PURWOSARI

  • Anida Elika Prastiwi Universitas Yudharta Pasuruan
  • Muhammad Nur Hadi Universitas Yudharta Pasuruan
  • M. Jamhuri Universitas Yudharta Pasuruan
  • Achmad Yusuf Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Implementasi, moderasi beragama, pembelajaran PAI

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di SMPN 1 Purwosari yang dimana siswa kurang memiliki kesadaran terhadap keseimbangan agama, namun pendidik mengambil tindakan dengan mengimplementasikan moderasi beragama dalam pembelajaran PAI, guru berharap jika adanya implementasi moderasi beragama dalam pembelajaran PAI, siswa akan lebih paham terhadap keseimbangan agama, maka dari itu peneliti tertarik dengan untuk mengkaji dan melakukan penelitian. Adapun tujuan peneltian pertama untuk mendeskripsikan apa saja nilai nilai moderasi beragama yang ditanamkan dalam pembelajaran PAI di SMPN 1 Purwosari, Kedua untuk mendeskripsikan bagamaina implementasi moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMPN 1 Purwosari, ketiga untuk mendeskripsikan dampak apa saja moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMPN 1 Purwosari.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif karna fokus penelitian adalah penerapan moderasi beragama dalam pembelajaran PAI, Kemudian, jenis penelitian yang diambil dari peneliti yaitu observasi natural, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, kemudian analisis data dengan mengunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan : 1) Nilai nilai moderasi beragama yang ditanamkan dalam pembelajaran PAI adalah nilai tasamu atau toleransi, I’tidal atau adil, dan muwatanah; 2) Implementasi moderasi beragam dalam pembelajaran PAI dilakukan dengan membuka diskusi terhadap siswa yang memiliki perbedaan agama; 3) Dampak dari implementasi moderasi beragama dalam pembelajaran PAI menurut guru PAI dampaknya sangat positif, dan dari sisi siswa sudah tercermin penerapan moderasi beragama dalam lingkungan sekolah termasuk dalam pembelajaran PAI

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Akhmadi, “Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indoensia,” Jurnal Diklat Keagamaan 13 (2019): 45–55.
Anjarsari, Pita, and Happy Susanto. “Reconstruction of Islamic Education (Study of Islamic Education Thoughts of Prof. Dr. Muhaimin, M.A.).” At-Ta’dib 14, no. 1 (2019): 53.
Aziz, Aceng Abdul, Anis Masykhur, A Khoirul Anam, Ali Muhtarom, Idris Masudi, and Masduki Duryat. “Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam” (2019).
Azmi, Muhammad Bagus. “Penerapan Nilai-Nilai Islam Moderat Di Kalangan Mahasantri Ma’had Sunan Ampel Al-Aly UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2019.
Darlis. “Menyusung Moderasi Islam Ditengah Masyarakat Yang Multikultural.” Rausyan Fikr 13, no. 2 (2017): 253.
Hiqmatunnisa, Hani, and Ashif Az Zafi. “Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Islam Dalam Pembelajaran Fiqih Di PTKIN Menggunakan Konsep Problem Basic Learning.” Jipis 29, no. 1 (2020): 27–35.
Malik, Muhammad Asadurrohman Pascasarjana U I N Maulana, and Ibrahim Malang. “Status Ahli Waris Muslim Terhadap Harta Pewaris Non-Muslim Perspektif Yusûf Al-Qarḍâwî” (n.d.).
M. Luqmanul Hakim Habibie, Muhammad Syakir Al Kautsar, Nor Rochmatul Wachidah, and Anggoro Sugeng. “Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia.” MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama 1(1), no. 02 (2021): 2202–2220.
Rusmiati, Elis Teti. “Penyuluhan Penerapan Konsep Wasathiyah Bagi Ibu-Ibu Kader PKK Di Kelurahan Kutabaru, Pasar Kemis, Tangerang.” PARAHITA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 1, no. 1 (2020): 8–13.
Sodikin, Ahmad, and Muhammad Anas Maarif. “Penerapan Nilai Islam Moderat Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi.” Edukasi 19, no. 2 (2021): 188–203.
Sumarto, Sumarto. “Implementasi Program Moderasi Beragama Kementerian Agama Ri.” Jurnal Pendidikan Guru 3, no. 1 (2021): 1–11.
Sutrisno, Edy. “Aktualisasi Moderasi Beragama Di Lembaga Pendidikan.” Jurnal Bimas Islam 12, no. 2 (2019): 323–348.
Published
2025-04-27
Section
Articles