Hukuman Perspektif Psikologi Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.52166/tasyri.v29i02.441Keywords:
hukuman, psikologi pendidikanAbstract
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hukuman perspektif psikologi pendidikan islam. Jenis penelitian merupakan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan atau studi literatur dimana peneliti mengandalkan berbagai literatur untuk memperoleh data penelitian dan menggunakan pendekatan kualitatif karena data yang dihasilkan berupa kata atau deskripsi, sedangkan analisis mengunakan analisis konten Hukuman dilakukan karena adanya pelanggaran. Jadi, pemberian hukuman yang dimaksud ialah memberikan suatu hukuman yang tidak menyenangkan yang mengandung unsur pendidikan supaya anak tersebut jera dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan yang mengandung nilai negatif. Sehingga anak benar-benar insyaf dan sadar kemudian berusaha untuk memperbaiki atas perbuatan tidak terpuji yang telah diperbuat. Dalam perspektif psikolgi hukuman tidak boleh menimbulkan trauma, baik trauma fisik maupun mental, karena fungsi hukuman adalah untuk meperbaiki diri.



