Penerapan Metode Ghina’ untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Siswa Kelas X MA Roudlotul Banat
DOI:
https://doi.org/10.52166/tasyri.v29i02.474Keywords:
Metode Pembelajaran, Metode Ghina’, MufradatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan metode ghina’ dalam meningkatkan kemampuan penguasaan mufradat bahasa Arab siswa kelas X MA Roudlotul Banat. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan IPA MA Roudlotul Banat. Proses pengumpulan dan pengembangan instrumen data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam (interview) kepada guru bahasa Arab MA Roudlotul Banat. Sedangkan proses analisis data melalui beberapa tahap mulai dari tahap pengumpulan data, tahap pengolahan data, hingga penarikan kesimpulan data. Permasalahan yang ditemukan peneliti adalah terkait kesulitan siswa dalam menghafal kosa kata (mufradat) baru. Sehingga tercetuslah metode ghina’ sebagai jalan keluar dari permasalahan ini. Atas dasar-dasar tersebut peneliti menyimpulkan bahwa metode ghina’ dapat digolongkan kedalam salah satu metode pembelajaran bahasa Arab guna mengatasi permasalahan siswa khususnya terkait kesulitas siswa dalam menghafal kosa kata (mufradat) berbahasa arab.



