Hukuman Perspektif Psikologi Pendidikan Islam

Penulis

  • pengelola pengelola STAI Ihyaul Ulum Gresik

DOI:

https://doi.org/10.52166/tasyri.v29i02.441

Kata Kunci:

hukuman, psikologi pendidikan

Abstrak

tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui hukuman perspektif psikologi pendidikan islam. Jenis penelitian merupakan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan atau studi literatur dimana peneliti mengandalkan berbagai literatur untuk memperoleh data penelitian dan menggunakan pendekatan kualitatif karena data yang dihasilkan berupa kata atau deskripsi, sedangkan analisis mengunakan analisis konten Hukuman dilakukan karena adanya pelanggaran. Jadi, pemberian hukuman yang dimaksud ialah memberikan suatu hukuman yang tidak menyenangkan yang mengandung unsur pendidikan supaya anak tersebut jera dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan yang mengandung nilai negatif. Sehingga anak benar-benar insyaf dan sadar kemudian berusaha untuk memperbaiki atas perbuatan tidak terpuji yang telah diperbuat. Dalam perspektif psikolgi hukuman tidak boleh menimbulkan trauma, baik trauma fisik maupun mental, karena fungsi hukuman adalah untuk meperbaiki diri.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Biografi Penulis

  • pengelola pengelola, STAI Ihyaul Ulum Gresik

    Aris Shoimin. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.

    Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

    Armai, Arief. Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam,.

    Jakarta: Ciputat Pers, 2012.

    Fauzi, Muhammad. “Pemberian Hukuman Dalam Perspektif Pendidikan                Islam Oleh: Muhammad Fauzi.” Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan   Keilmuan Islam 1, no. 1 (2016): 29–49.                https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/15.

    Fitri Susanty. “Pola Pemberian Hadiah Dan Hukuman Dalam Mendidik

    Anak Menurut Pendidikan Islam” 6 (2021): 71–82.

    Islamuddin, Haryu. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar,    2012.

    Jhon W Santrock. Psikologi Pendidikan, 2nd Ed. Jakarta: Kencana,

    2009.

    Mesiono, Arsyad Junaidi, Nasution Sakholid, Susanti Eka, and Daulay

    Hamidah Sholihatul. “Jurnal Tarbiyah.” Tarbiyah 24, no. Juli

    Desember 2017 (2017): 351–70.            https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/tar.v30i1.2424.

    Mulia, Harpan Reski. “Metode Reward-Punishment Konsep Psikologi       Dan Relevansi-Nya Dengan Islam Perspektif Hadis.” Religi Jurnal     Studi Agama-Agama 13, no. 2 (2018): 154.     https://doi.org/10.14421/rejusta.2017.1302-02.

    Purwanto. Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi Dan             Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

    Syaiful Bahri Djamarah. Psikologi Belajar,. Jakarta: Rineka Cipta,                2018.

    Wahyuni, Baharudin dan. Teori Belajar Dan Pembelajaran.           Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

    Yani, Asep Ahmad. “Pengaruh Hukuman Terhadap Tingkah Laku                Siswa,” 2013, 25.

Diterbitkan

2022-10-31

Terbitan

Bagian

Articles