PENGARUH PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MAHAROH KALAM

Penulis

  • pengelola pengelola Sekolah Tinggi Agama Islam Sayid Mohammad Alawi Al-Maliki
  • Ifan Ali Alfatani Sekolah Tinggi Agama Islam Sayid Mohammad Alawi Al-Maliki

DOI:

https://doi.org/10.52166/tasyri.v29i01.469

Kata Kunci:

Contextual teaching and Learning, Kemampuan Maharoh kalam

Abstrak

Dalam pembelajaran Bahsa Arab diperlukan Pendekatan, strategi, metode, aktifitas-aktifitas kebahasaan yang inovatif sehingga dapat mendukung proses efisiensi dan efektifitas pembelajaran bahasa arab di kelas, dengan pembaharauan-pembaharuan tersebut proses pembelajaran akan menyenangkan dan lebih bermakna.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Maharoh Kalam Siswa MTs Miftahul Ulum Gayam Sumenep Tahun Pelajaran 2014/2015. Dan seberapa besar pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Maharoh Kalam Siswa MTs Miftahul Ulum Gayam Sumenep Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, observasi, interview, dan dokumentasi. hasil  angket tersebut kemudian di analisis menggunakan analisis data product moment.Dan hasil penelitian ini diketahui bahwa besar Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Maharoh Kalam Siswa sebesar 0,272 dan  r_(hitung )>〖 r〗_(t abel) yakni  0,272> 0,202 maka terdapat korelasi dengan tingkat interpretasi lemah atau rendah.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2022-04-30

Terbitan

Bagian

Articles