PENGGUNAAN METODE EKLEKTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA SMP

Penulis

  • pengelola pengelola Sekolah Tinggi Agama Islam Sayid Mohammad Alawi Al-Maliki Bondowoso
  • Ifan Ali Alfatani Sekolah Tinggi Agama Islam Sayid Mohammad Alawi Al-Maliki

Kata Kunci:

Metode Eklektik, Keterampilan Membaca Bahasa Arab

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penggunaan metode eklektik dalam meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa SMP Negeri 1 Asembagus. Metode eklektik merupakan pendekatan pengajaran yang menggabungkan berbagai strategi dan teknik pembelajaran dari berbagai metode yang ada. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan siswa SMP sebagai subjek penelitian dan menggunakan desain penelitian pre-test post-test dengan kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui tes awal, intervensi menggunakan metode eklektik, dan tes akhir untuk mengukur kemajuan keterampilan membaca bahasa Arab siswa. Selain itu, observasi dan kuesioner juga digunakan untuk memperoleh informasi tambahan mengenai respons siswa terhadap penggunaan metode eklektik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode eklektik secara signifikan meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa SMP Negeri 1 Asembagus dibandingkan dengan kelompok kontrol. Siswa menunjukkan peningkatan pemahaman terhadap teks bahasa Arab, kosa kata, dan kemampuan membaca dengan cepat. Respons siswa terhadap metode eklektik secara umum positif, menunjukkan bahwa metode ini dapat diterapkan dengan baik dalam konteks pembelajaran bahasa Arab di tingkat SMP Negeri 1 Asembagus.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2022-12-30

Terbitan

Bagian

Articles