Strategi Penerapan Etika Bisnis Islam untuk Meningkatkan Kelayakan UMKM Halal di Indonesia
Abstract
Dalam proses pengembangannya, usaha mikro kecil dan menengah sering menghadapi kesulitan terutama terkait sebagian perilaku pengusaha yang masih memiliki kecurangan dalam berdagang, tidak jujur dalam menjelaskan kriteria barang dagangannya, dan masih banyak lagi permasalahan yang muncul dalam mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah halal diindonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menegaskan kembali terkait strategi penerapan etika bisnis islam dalam meningkatkan kelayakan usaha mikro kecil dan menengah halal diindonesia. Penelitian ini menawarkan perspektif baru tentang etika bisnis Islam yang berasal dari prinsip ekonomi Islam seperti kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab. Metode penelitian kualitatif yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah studi literatur review. Beberapa jurnal dan artikel yang berkaitan dengan topik penelitian ini diteliti untuk menentukan strategi penerapan etika bisnis Islam untuk meningkatkan kelayakan usaha mikro kecil dan menengah halal di Indonesia. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembisnis harus lebih menyadari etika bisnis Islam agar usaha mereka layak dan sesuai dengan nilai-nilai etis Islam . Sebuah pendekatan untuk menerapkan etika bisnis Islam menunjukkan bahwa hal itu membantu meningkatkan kapasitas perusahaan kecil dan menengah halal di Indonesia.