EKUITAS DAN POSITIONING MEREK DALAM ISLAM
Abstract
Merek dan ekuitas merek merupakan bagian dari strategi pemasaran yang berupa identitas produk perusahaan yang dapat memberikan identifikasi yang membedakan dengan produk pesaing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui positioning dan ekuitas merek dalam Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan dengan mengambil data dari berbagai literatur pustaka. Brand mencerminkan value yang diberikan perusahaan terhadap konsumen. Pada masa Rasulullah SAW telah ada kajian menegenai brand equity, yaitu dicontohkan pada saat beliau sedang berdagang. Beliau selalu memperhatikan penampilan, dengan cara tidak membohongi pelanggan baik yang menyangkut kualitas maupun kuantitas. Kesimpulannya adalah dalam pemasaran tidak saja dari kesesuaian harga (pengorbanan biaya yang dikeluarkan oleh konsumen) dengan fisik produk, tetapi jauh lebih dari itu adalah value produk (kualitas) sebagai bahan bagi konsumen dalam memperbandingkan antara nilai produk dan harganya (biaya), sekiranya konsumen merasakan nilai produk lebih tinggi dibandingkan harganya mereka akan puas, sebaliknya jika nilai produk yang mereka rasakan lebih rendah, mereka kecewa.
References
al Arif, Nur Rianto, Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah, (Abndung: Alfabeta, 2010)
Kotler, Philip dan A. B Susanto, Manajemen Pemasaran di Indonesia, (Jakarta: salemba Empat, Jil. 2, 2001)
Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, jil. 1, (Jakarta: Erlangga, cet. 13, 2000)
Nasution, Metode Penulisan Naturalistik Kualitatif, (Bandung: Tarsito, 1988)
Simamora, Henry, Manajemen Pemasaran International, jil. 1, (Jakarta: Salemba empat, cet.1, 2000)
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, Pemasaran strategik (Yogyakarta: CV Andi Offset, 2012)