Etika Peserta Didik di SD Negeri 107399 Bandar Khalifah
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengeksplor tentang etika peserta didik, hambatan yang dialami, dan solusi yang dilaksanakan oleh guru dalam mengimplementasikan etika peserta didik di SD Negeri 107399 Bandar Khalifah. Adapun metode yang digunakan adalah kualitatif deskkriptif dengan mengggunakan pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Guna keabsahan data, peneliti menggunakan trianggulas. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, etika peserta didik dalam berinteraksi dengan gurunya diantaranya yaitu duduk dengan sopan di depan guru, tidak boleh menyelah pembicaraan guru, mendengarkan perkataan guru, jika peserta didik tidak mengerti sesuatu bertanyalah dengan hormat dan lembut, ikuti saran yang diberikan oleh guru. kedua, hambatan peserta didik dalam beretika di sekolah diantaranya yaitu peserta didik tidak disiplin dan bolos sekolah, peserta didik tidak beretika kepada teman seperti suka mengejek temannya dan mengambil barang temannya, tidak menghargai guru menjelaskan di depan dan berbicara kepada teman saat guru menjelaskan , peserta didik yang tidak beretika ketika bermain pada temannya. Ketiga, untuk solusi peserta didik yang tidak disiplin yang bolos sekolah saat belajar dengan cara memperhatikan siswa sehingga mereka tertarik datang kesekolah dan merasakan manfaat sekolah dengan melakukan pengenalan terhadap apa minat setiap siswa dan menanyakan apa yang menyulitkan mereka belajar.
References
Yogyakarta: Cv. Budi Utama.
Abuddin Nata. 2014. Akhlak Tasawuf Dan Karakter Mulia. Depok: Pt Raja grafindopersada.
Poerwadarminta. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Ahmad Bani. 2012. Ilmu Akhlak. Bandung: Cv Pustaka Setia.
Abu Ahmadi. 2006. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Pt Rineka Cipta.
Suwardi Dan Daryanto. 2017. Manajamen Peserta Didik. Yogyakarta: Gava Media.
Haitami Salim Dan Syamsul Kurniawan. 2012. Studi Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta:
Arruz Media.
Syafril Dan Zalhendri Zen. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Fitri Widiyani Roosinda. 2021. Metode penelitian kualitatif. Yogtakarta: Zahir Publishing.
Sugiono. 2015. Metode penelitian kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2023 TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.