Pengaruh Pembelajaran Metode Snowball Throwing terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Ar-Roudhoh Beji Pasuruan

  • Puput Meilanis Universitas Yudharta Pasuruan
  • Muhammad Nur Hadi Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: pengaruh, metode pembelajaran, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMK Ar-Roudhoh Beji Pasuruan yakni rendahnya prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI. Kondisi tersebut disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya penggunaan metode pembelajaran yang klasikal yaitu lebih banyak didominasi oleh guru, minimnya pemahaman siswa terhadap materi, jika hal ini dibiarkan terus menerus maka akan mengakibatkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran yang telah diharapkan. Dari adanya permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk mengkaji dan melakukan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing serta mengathui pengaruh metode pembelajaran Snowball Throwing terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMK Ar-Roudhoh Beji Pasuruan.

 Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, karena data yang terkumpul dalam penelitian ini dapat dianalisis dengan menggunakan analisis statistik, baik analisis inferensial. Alat pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan pembuktian hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Snowball Thowing berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI TKJ di SMK Ar-Roudhoh Beji Pasuruan.Hal ini ditunjukkan pada perbedaan rata-rata nilai siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran Snowball Throwing adalah 58,1, sedangkan setelah menggunakan metode pembelajaran Snowball Throwing adalah 75,8 pada jumlah siswa 30 orang. Hal tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment dengan hasil rxy= 0,781 harga tersebut > dari harga rtabel 0,361 pada taraf signifikan 5% yang menyatakan korelasi antara variabel X dan variabel Y memiliki pengaruh kuat. Dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran snowball throwing memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa mapel Pendidikan Agama Islam di SMK Ar-Roudhoh Beji Pasuruan.

References

Faizah, Silviana Nur. 2017. “Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Silviana.” At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume 1, no. 2: 176–185. file:///C:/Users/Hp/Downloads/322523223 (1).pdf.
Gusmawati, Lutfi, Sitti Aisyah, and Siti Ummu Habibah. 2020. “Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar.” Pendidikan dan Ilmu Sosial 2, no. April: 36–42.
Noor, Tajuddin. 2013. “Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. No 20 Melalui Pendekatan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Ayat 30 Surah Ar-Ruum Dan Ayat 172 Surah Al-‘Araaf.” Universitas Singaperbangsa Karawang, no. 20 (2018): 123–144.
Siregar, N, and N F Siregar. 2020. “Pengaruh Metode Snowball Throwing Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMAN 4 Padangsidimpuan.” Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan … 08, no. 02 (): 213–222. http://194.31.53.129/index.php/DI/article/view/3199 http://194.31.53.129/index.php/DI/article/download/3199/2324.
Teori, a Kajian. 2016. “Kajian Teori Snowball Trhowing” : 10–41.
Published
2023-12-30
How to Cite
Puput Meilanis, & Muhammad Nur Hadi. (2023). Pengaruh Pembelajaran Metode Snowball Throwing terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Ar-Roudhoh Beji Pasuruan. TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 5(02), 92-106. https://doi.org/10.52166/tabyin.v5i02.486
Section
Articles