Konsep Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Kisah Nabi Musa dan Nabi Khidir
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep manajemen pendidikan islam perspektif kisah Nabi Musa dan Nabi Khidir berdasarkan Surat Al-Kahfi menurut Buya Hamka. Penelitian ini menggunakan metode telaah pustaka dengan analisis data deskriptif analitis. Dari penelitian yang sudah dilakukan didapati ada delapan konsep yang di sebutkan oleh Buya Hamka yaitu sarana prasarana, jumlah peserta didik, jangka waktu yang ditempuh, waktu istirahat, kondisi murid ketika masuk, membuat kesepakatan dengan peserta didik, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperbaiki kesalahan dan mengeluarkan peserta didik yang melakukan pelanggaran berat.
References
Amrullah, A. M. (1982). Tafsir Al-Azhar. SINGAPURA: PUSTAKA NASIONAL PTE LTD.
Bilal Al Rasyid, dkk. (2023). Manajemen Pendidikan Islam Dalam Peningkatan Kedisiplinan Santri Di Darul Qur’an At-Tibyan Islamic Boarding School. UNISAN JURNAL: JURNAL MANAJEMEN DAN PENDIDIKAN, 1213.
Irwansyah. (2023). Karakteristik Manajemen Pendidikan Islam Pada Zaman Dinasti Abbasiyah. Ál-fâhim: JurnalManajemenPendidikan Islam, 101.
Iwan Sopwandin, dkk. (2023). Manajemen Kurikulum dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 95.
Kurniawan, S. (2015). Konsep Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadits (Studi Tentang Perencanaan). Nur El-Islam, 23.
Muamar Asykur, dkk. (2022). Nilai-Nilai Perencanaan Pendidikan Islam (Kisah Nabi Musa As Besama Nabi Khidir As ) Dalam Surah Al Kahfi Ayat 60-82 . Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 793.
Noor, M. (2021, Desember Jum'at). Retrieved from kalsel.kemenag.go.id: https://kalsel.kemenag.go.id/opini/733/14-Macam-Kelemahan-Maupun-Kesa
Syadzili, M. F. (2019). Ontologi Manajemen Pendidikan Islam dalam Konstruksi Al-Qur’an dan Al-Hadits. Tabyin : Jurnal Pendidikan Islam, 88.
Copyright (c) 2023 TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.