Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media Couple Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI
Abstract
Untuk mencapai tujuan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Di kelas IV SDN Tanjungarum model dan media pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab dan media power point, dalam proses KBM masih terdapat beberapa siswa yang tidak memperhatikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model make a match berbantuan media couple card pakah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tanjungarum. Dengan mengunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 pada bulan februari. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tanjungarum yang terdiri dari 36 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, yaitu pada siklus I sebesar 71,38%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 80,27%. Dengan demikian pengunaan model make a match berbantuan media couple card dalam mata pelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tanjungarum Sukorejo.
References
Benny Prasetya, Saifuddin, Internalisasi Pendidikan Karakter dalam Pembelejaran PAI, Jurnal At-Ta’dzib, Vol. 12 No. 2 tahun 2019, P-ISSN: 1979-4908, E-ISSN: 2598-3873.
Dharma Kesuma, 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Masnur Muslich, 2011. Pendidikan Karakter Menjawab tantangan krisis multidimensional. Jakarta: PT Bumi Akasara.
Muhaimin, 1996. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media.
Mulyasa, 2011. Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Rohinah M. Noor, 2012. Mengembangkan Karakter Anak Secara Efektif di Sekolah dan di Rumah. Yogyakarta: PT Pustaka Intan Madani.
Copyright (c) 2024 TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.