Implementasi Model holistic dalam Pendidikan Karakter pada mata pelajaran Aqidah Akhlak

  • Alma Nafisa Zahira Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Masykur Mansyur Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Jaenal Abidin Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Pendidikan karakter

Abstract

Pendidikan karakter memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian siswa yang berakhlak mulia dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Karawang. Guru memiliki peran sentral dalam menyampaikan pendidikan karakter kepada siswa dengan menggali nilai-nilai moral dan etika dalam setiap pembelajaran. Implementasi pendidikan karakter juga membawa dampak positif pada perkembangan moral siswa, terlihat dari peningkatan kesadaran mereka terhadap pentingnya berperilaku jujur, disiplin, dan bertanggung jawab. Selain itu, implementasi ini juga berdampak pada perkembangan spiritual siswa dengan meningkatkan pemahaman dan penghayatan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Jurnal ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Karawang. Pendidikan karakter menjadi aspek penting dalam pembentukan siswa yang berakhlak mulia dan berkualitas. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi sejauh mana penerapan nilai-nilai karakter dalam kurikulum pembelajaran aqidah akhlak di MAN 2 Karawang serta dampaknya terhadap perkembangan moral dan spiritual siswa.

References

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Rusyan, A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yusuf, M. (2013). Pendidikan Karakter: Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Suherman, E. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Muslim, S. (2015). Strategi Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanusi, A. (2014). Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Yusuf, M. (2017). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Aqidah Akhlak di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Idris, M. (2017). Model Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Published
2024-06-30
How to Cite
Nafisa Zahira, A., Mansyur, M., & Abidin, J. (2024). Implementasi Model holistic dalam Pendidikan Karakter pada mata pelajaran Aqidah Akhlak . TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 6(01), 46-51. https://doi.org/10.52166/tabyin.v6i01.603
Section
Articles