Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam

  • Ubaidillah STAI Ihyaul Ulum Gresik
Keywords: Pengembangan, Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, SMK Ihyaul Ulum

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMK Ihyaul Ulum Dukun Gresik. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Sumber data adalah M. Miftah Wahyudi, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan Dokumen Kurikulum SMK Ihyaul Ulum Dukun Gresik Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian menemukan bahwa pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMK Ihyaul Ulum Dukun Gresik model pengembangan kurikulum dilakukan dengan cara, pertama, menentukan apa yang menjadi tujuan Pendidikan Agama Islam; kedua, merancang pengalaman belajar; ketiga, mengorganisir materi dalam bentuk mata pelajaran, dan; keempat, menentukan evaluasi kurikulum dilakuakan setiap tahun yang tujuannya untuk mengukur efektitifitas ketercapaian dan keterserapan materi oleh peserta didik. Model seperti ini memiliki kemiripan dengan teori pengembangan kurikulum Tyler. 

References

Abdullah Idi, Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek. Cet. 2. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2016.
Abdul Aziz. “Teknik Analisis Data Analisis Data,” Teknik Analisis Data Analisis Data, 2020.
Ahmad Wahyu Hidayat, “TARBIYATUNA, Vol. 9 No. 2 Desember, 2018 82,” Tarbiyatuna 9, no. 2 (2018): 82–98.
Akmal Mundiri and Reni Uswatun Hasanah, “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pai Di Smp Nurul Jadid,” Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4, no. 1 (2018): 40–68, https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i1.1721.
Dakir, Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004.
Dini Silvi Purnia et al., “Pengukuran Kesenjangan Digital Menggunakan Metode Deskriptif Berbasis Website,” EVOLUSI : Jurnal Sains Dan Manajemen 8, no. 2 (2020), https://doi.org/10.31294/evolusi.v8i2.8942.
Nana Syaudh Sukmadinata. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.
Nur Azizah Ashari, “Pengembangan Kurikulum PAI Di Madrasah,” Edification Jurnal, 2021, 6.
Opi Rohmawati et al., “Penerapan Model Pengembangan Kurikulum Pai Sma Negeri 1 Batu Engau,” Jurnal Ilmu Pendidikan 1, no. 2 (2021): 72–80, http://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/sokoguru/article/view/1171.
SMK Ihyaul Ulum, Dokumen Kurikulum Tahun Pelajaran 2023/2024. Gresik: SMK Ihyaul Ulum, 2023.
Wawancara dengan M. Miftah Wahyudi, S.Psi, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum pada tanggal 17 Januari 2024..
Published
2024-06-30
How to Cite
Ubaidillah. (2024). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam . TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 6(01), 159-170. https://doi.org/10.52166/tabyin.v6i01.611
Section
Articles