Strategi Komunikasi Guru PAI Dalam Pembiasaan Akhlaqul Karimah

  • Munawir UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Kartika Devita Yanti UIN Sunan Ampel Surabaya
  • S. Fitriyah Nur Azizah UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Pembiasaaan, Al-AKhlak Al-Karimah, Komunikasi, Guru, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru PAI dapat berkomunikasi dengan baik untuk menanamkan kebiasaan akhlak mulia pada siswa dan untuk menjelaskan strategi efektif dalam melakukan komunikasi guru bagaimana mereka dapat melakukannya. pelanggaran moral di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan paradigma fenomenologi social. Hasil penelitian: Komunikasi aktif yang dilaksanakan guru PAI di Madrasah Ibtidaiyah (MI) yaitu memberikan kesempatan yang setara kepada siswa berinteraksi antar siswa maupun guru dalam mengembangkan daya nalar, serta pola berfikir sehingga mampu mengontrol komunikasi yang dilakukan. Siswa dianggap dapat berinteraksi dengan baik dengan membangun keterampilan komunikasi kelompok dan interpersonal. Membiasakan hal-hal yang luar biasa agar diikuti dan menjadi kebiasaan. Faktor-faktor lingkungan, faktor keluarga dan teman sepermainan memiliki kemampuan untuk mengubah sikap dan perilaku siswa. Minimnya media komunikasi yang digunakan oleh guru mempengaruhi pembentukan moralitas, dalam menumbuhkan pemikiran siswa tentang cara mentransfer ilmu pengetahuan keagamaan pada siswa. Kurangnya pelatihan guru PAI yang ada di Madrasah Ibtidaiyah berpengaruh pada kemampuan berinovasi mengembangkan media komunikasi yang efektif dalam memberikan materi berkaitan Al-akhlaq Al-Karimah.

References

Cahyati, A. E., Katni, K., & Ariyanto, A. (2020). Model Pendidikan Akhlak Karimah dan
Life Skill di MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun. TARBAWI: Journal on Islamic Education, 1(1), 13-24.
Maulidya, D., Syauqi, A., Taraki, A., Jannah, M., & Purba, W. N. Z. (2023). INTEGRASI
PENDEKATAN PEMBIASAAN DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 6(1), 66-76.
Medopa, N., & Muttaqien, M. Z. (2023). METODE PEMBINA DALAM PEMBINAAN
AKHLAKUL KARIMA SANTRI PONDOK PESANTREN ALKHAIRAAT MADINATUL ILMI DOLO. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 18-22.
Ulfah, J., & Suyadi, S. (2021). Konsep Budaya Religius Dalam Membangun Akhlakul
Karimah Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 21-29.
Zulihi, Z., Yusuf, M., & Prasojo, Z. H. (2023). Pembiasaan Al-Akhlaq Al-Karimah Melalui
Komunikasi Guru PAI (Pendidikan Agama Islam) Yang Efektif di Madrasah Ibtidaiyah (Mi) di Kota Jayapura. Edukasi Islami: Jurnal PendidikanIslam, 12(01).
Published
2024-06-30
How to Cite
Munawir, Devita Yanti, K., & Nur Azizah, S. F. (2024). Strategi Komunikasi Guru PAI Dalam Pembiasaan Akhlaqul Karimah . TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 6(01), 171-179. https://doi.org/10.52166/tabyin.v6i01.612
Section
Articles