Telaah Relevansi Konsep Menuntut Ilmu dalam Kitab Ta'lim Muta'allim dengan Kepribadian Santri
Abstract
Seiring berkembangnya zaman, di antara masalah besar yang dihadapi masyarakat adalah merosotnya nilai-nilai akhlaq dan moral, berkembangnya budaya materialistik, individualistik yang akhirnya menimbulkan berbagai perbuatan yang menyimpang seperti krisis moral dan akhlaq. Kemajuan teknologi membawa pengaruh yang luar biasa terhadap pembentukan kepribadian terhadap generasi-generasi muda. Perilaku serta budi pekerti pelajar saat ini sangatlah memperihatinkan, diantaranya mereka menyombongkan diri atas keilmuan yang telah diraihnya, merasa paling pintar dan benar sehingga meremehkan orang lain, banyak juga pelajar yang senang memilih teman yang malas, serta masih banyak pelajar yang kurang dalam menghormati guru di saat jam pelajaran sedang berlangsung. Pondok Pesantren Ngalah khususnya asrama H merupakan salah satu ma’had yang mempelajari kitab Ta’lim Muta’allim agar santri di asrama H memiliki akhlak atau sopan santun dan kepribadian atau tingkah laku yang baik. Tujuan-tujuan penelitian ini adalah dengan mengkaji kitab Ta’lim Muta’allim dapat menemukan konsep menuntut ilmu untuk dijadikan pedoman dalam menuntut ilmu, agar setiap orang yang menuntut ilmu mengalami perubahan atau perkembangan dalam membentuk kepribadian dari proses pendidikan, juga mereka dapat menuntut ilmu dengan cara yang benar dan menjadi pribadi baik yang dikehendaki al-Qur’an dan as-Sunnah.
References
A Kholik, and A Mahrudiddin. “Konsep Adab Belajar Murid Dalam Kitab Ta ’ Lim Al-Muta ’ Allim.” Jurnal Sosial Humainura 4, no. 1 (2013): 30.
Achmad Ali Fikri, Syamsul Arifin, M. Fuad Fahruddin. “Strategi Pembelajaran Dalam Konsep Al-Zarnuji Akhmad Khoiri.” Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam 2, no. 8.5. (2022): 77–78.
Achmad Yusuf. “STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA SANTRI PONDOK PESANTREN NGALAH PASURUAN.” Tesis 6, no. 1 (2018): 9.
Achmat Mubarok. “Dampak Model Pendidikan Keluarga Terhadap Kondisi Psikologis Dan Kemandirian Anak.” Al Murabbi 5 (2020): 60–72.
Basyiroh, Ruslan. “Relevansi Konsep Ta’zim Dalam Kitab Ta’limul Mutta’allim.” 31 Agustus 2022.
Book, iba d’zig. “Terjemaah Kitab Ta’lim Muta' Alim.” 30 September 2014.
Darani, Nurlia Putri. “Kewajiban Menuntut Ilmu Dalam Perspektif Hadis.” Jurnal Riset Agama 1, no. 1 (2021): 135–136.
Fauziah, Erna, and Fikri Maulana. “Tipe Kepribadian Dan Pembelajaran Bahasa Perspektif Psikolinguistik Pada Santri Pesantren Modern.” IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 02 (2022): 208–209.
Fikri, Iqbal Ainul. “Relevansi Living Value Education Dalam Kitab Ta’lim Muta'alim Dan Aktualisasinya Pada Pendidikan Akhlak Di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Wonosari Kaliwates Jember” (2021): 31.
Fitriyah, Wiwin, Abd Hamid Wahid, and Chusnul Muali. “Eksistensi Pesantren Dalam Pembentukan Kepribadian Santri.” Palapa 6, no. 2 (2018): 168.
Gufron, Fauzi; Fauzan, Rinda. “Pemikiran Pendidikan Al-Zarnuji” 3, no. 2 (2021): 866.
Hadi, Muhammad Nur. “Jurnal Fakultas Agama Islam INOVASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM” (2022): 62.
Hidayatullah, Adib. “Kajian Pemikiran Syekh Burhanuddin Az-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Muta'allim Terhadap Cara Siswa Dalam Menuntut Ilmu Di Madrasah Aliyah Nurul Iman Kota Jambi” (2019): 3.
Jatmoko, Dwi. “Relevansi Kurikulum SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Terhadap Kebutuhan Dunia Industri Di Kabupaten Sleman.” Jurnal Pendidikan Vokasi 3, no. 1 (2013): 7.
Kamsiah. “Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Iman Dalam Membentuk Kepribadian Santri Di Ulu Gedong Kota Jambi” (2021): 25–26.
Kementerian Agama. “Qur’an Kemenag.” Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2020.
Khasanah, Uswatun, and Tejo Waskito. “Genealogi Pemikiran Pendidikan KH. Hasyim Asy’ari.” Analisis: Jurnal Studi Keislaman 19, no. 1 (2019): 22.
Khasanah, Wikhdatun. “Kewajiban Menuntut Ilmu Dalam Islam.” Jurnal Riset Agama 1, no. 2 (2021): 305.
Khumaero, Lathifah alKhumaero, and Sandy Arie. “Pengaruh Gaya Belajar Guru, Disiplin Belajar, Dan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar.” Economic Education Analysis Journal 1, no. 1 (2017): 700.
Kirom, Askhabul. “Pendidikan Toleransi Pada Anak Keluarga Muslim Minoritas Dusun Kandangsari Desa Mororejo Kabupaten Pasuruan.” Multicultural 5 (2021): 80.
Luqman, Kamila. “TEORI HIRARKI KEBUTUHAN DAN SANTRI YANG BERAKTUALISASI DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM GERSEMPAL OMBEN SAMPANG” 5, no. 1 (2016): 85.
Ma’ruf, a. “Implementasi Pembiasaan Sholat Dhuha Untuk Meningkatkan Pembelajaran Religius Di Sma Ma’Arif Lawang Malang.” Journal Multicultural of Islamic Education (2022): 195.
Mas’ud, Moh. Ali. “Kontektualisasi Faktor-Faktor Pendidikan Dalam Kitab Ta’lim Muta'allim Dengan Pendidikan Masa Kini” 3, no. September 2019 (n.d.): 188.
Maulidina, Danish Wulydavie. “KONSEP PENDIDIKAN DALAM KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM KARYA SYEKH AL-ZARNUJI DAN KITAB WASHOYA AL-ABA’ LIL-ABNA’ KARYA SYEKH MUHAMMAD SYAKIR.” Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah 2, no. 2 (2019): 169.
Mihrajuddin, Andi, and Muqowwim. “Kontekstualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakater Dalam Kitab Ta’lim Muta’allimuddin” 07, no. 02 (2022): 198.
Mubarak, Rizky, Eko Heri Widiastuti, and Nuryanti. “Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Dalam Membentuk Kepribadian Santri Di Pondok Pesantren Darul Mukhlasin Payaman Magelang.” Historica Education Journal 1, no. 1 (2020): 26–36.
Muhtarom, Ali. “Participation Action Research Dalam Membangun Kesadaran Pendidikan Anak Di Lingkungan Perkampungan Transisi Kota” 18 (2018): 266.
Munandar, J. “Etika Menuntut Ilmu Menurut Syekh Az Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al Muta'allim.” SKRIPSI (2019).
Murdani. “Strategi Guru Dayah Darutthalibin Al-Aziziyah Dalam Membentuk Kepribadian Santri” 2, no. 333 (2023): 8.
Mustofa, M L. “Implementasi Pendidikan Kepribadian Santri Di Pondok Pesantren Al-Manar Bener Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran …” (2020): 21.
Muvid, Muhamad Basyrul. “Konsep Pendidikan Agama Islam Dalam Tinjauan Hadits (Studi Analisis Tentang Hadits-Hadits Pendidikan).” Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan 4, no. 1 (2020): 21.
Nafis, Ahmad Zahrudin M. “35 Rahasia Menjadi Santri Yang Bertabur Karya Dan Prestasi.” 4 Maret 2018.
Ningsih, Putri Rahayu. “Perbandingan Adab Penuntut Ilmu Dalam Kitab Al Ilmi Karya Asy Syaikh Muhammad Bin Shalih Al – Utsaimin Dan Kitab Ta’Lim Muta’Allim Karya Syaikh Az-Zarnuji” (2021): 1–23.
Nur Khalifah, Muhammad Saleh, Ahmad Fuadi. “Penerapan Menuntut Ilmu Pengetahuan Perspektif Syaikh Az-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim.” Journal of Islamic Studies 2 (2023): 12.
Nurul Laylia, Muhammad Nur Hadi, and Syaifullah Syaifullah. “Klasifikasi Ilmu Dalam Islam Perspektif Imam Al Ghozali.” Jurnal Mu’allim 2, no. 2 (2020): 201.
Prayoga, Dimas Agung. “Nasihat Menuntut Ilmu Perspektif Imam Syafi ’ I Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam.” skripsi (2022).
Putri, Alzaviana. “Konsep Adab Menuntut Ilmu Menurut Kitab Tanbihul Muta’allim Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Di Indonesia.” Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam 12, no. 1 (2022): 87–103.
Qaradhawi, Yusuf. “Tawakkal: Kunci Sukses Membuka Pintu Rezeki.”
Rizal, Saifur. “Servant Leadership Dalam Implementasi Nilai-Nilai Trilogi Dan Panca Kesadaran Santri.” Journal EVALUASI 3, no. 2 (2019): 172.
Saihu. “ETIKA MENUNTUT ILMU MENURUT KITAB TA’LIM MUTA’ALIM.” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam 3, no. 1 (2020): 110.
Saman, Kiagus Akbar, Ahmad Sukandar, and Asep Ahmad Fathurrohman. “Konsep Pendidikan Persfektif Syaikh Al-Zarnuji : Analisis Kitab Ta’ Limul Muta’allim.” The Journal of Educational Research 1, no. 3 (2021): Hal, 34.
Santri Mbah Munawir Kertosono Nganjuk, santri Mbah Sholeh Sengonagung, "Sabilus salikin jalan para salik", (Pondok Pesantren Ngalah:Galak Gampil).
Shofwan, Arif Muzayyin. “Metode Belajar Menurut Imam Zarnuji: Telaah Kitab Ta’lim Al Muta’alim.” Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual 2, no. 4 (2017): 408.
Subairi, Agus. “Perintah Menuntut Ilmu Menurut Hadist” (2021): 85–101.
Suwandi, Edo, Oking Setiana Priyat, and H. Kamalludin. “Pembelajaran Kitab Ta’Lim Muta’Allim Terhadap Perilaku Santri.” Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora 5, no. 2 (2020): 3–8.
Syafa’at, Tansah Pinayungan. Konsep Menuntut Ilmu Menurut Ustadz Adi Hidayat, 2020.
Syahid, N. “Urgensi Kitab Ta’limul Muta'allim Pada Pembelajaran Modern.” Qudwatuna II, no. September (2019): 132.
Syekh Imam Az-Zarnuji, "Terjemah Kitab Ta'lim Muta'allim", (Surabaya:Mutiara Ilmu).
Tantowi, Ahmad. “Urgensi Niat Dan Pengaruhnya Terhadap Peserta Didik (Analisis Parsial Terhadap Hadith Innamal a’Mălu Bi Niăt Riwayat Imam Al-Bukhari).” Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (2022): 70.
Yulita, Herli. “REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM: TELAAH TERHADAP PEMIKIRAN ISMAIL RAJI AL-FARUQI” (2019): 9.
Zakaria, Hakima. “Solusi Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim Pada Problem Mendapatkan Keberkahan Ilmu.” Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains 2, no. 00 (2020): 302.
Zuhriyah, Nunik, Binti Su’aidah Hanur, and Muhamad Khoirul Umam. “Konsep Belajar Menurut Kitab Ta’Lim Al Muta'Allim.” Jurnal Samaua 04, no. 01 (2020): 7.
“PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 55 TAHUN 2007 TENTANG PENDIDIKAN AGAMA DAN PENDIDIKAN KEAGAMAAN” (2007).
Copyright (c) 2024 TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.