Implementasi Strategi Pembelajaran Kepala Bernomor dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Model Medan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menerapkan strategi kepala bernomor dalam pembelajaran akidah akhlak pada kelas XI F1 E IPA di MAN 2 Model Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan juga dokumentasi dengan tujuan untuk mengumpulkan dan menjadi penguat dari data data penelitian. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI F1 E IPA MAN 2 Model Medan. Dengan menggunakan teknik keabsahan data yaitu berlama lama, berpanjang panjang dan triangulasi. Hasil dari penelitian yang didapatkan bahwa strategi kepala bernomor dalam pembelajaran akidah akhlak pada kelas XI F1 E IPA MAN 2 Model Medan dapat meningkatkan minat belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas XI F1 E di MAN 2 Model Medan, karena dengan menerapkan strategi kepala bernomor yang sangat menyenangkan, juga menambah semangat bagi siswa di kelas XI F1 E MAN 2 Model Medan terutama pembelajaran akidah akhlak.
References
Anitah, Sri. (n.d.). Strategi Pembelajaran. 1–30.
Dan, Belajar. (n.d.). PEMBELAJARAN.
Dan, Tujuan, & Lingkup, Ruang. (n.d.). Pengertian, tujuan dan ruang lingkup strategi pembelajaran. (50).
Ermiyanto, Dony Dwi, Kabupaten, Kaliwungu, Melalui, Kendal, Pembelajaran, Model, Stick, Talking, Pelajaran, Tahun, Journal, Indonesia, Histori, Of, Daradjat, Zakiyah, & Pendidikan, Ilmu. (n.d.). No Title. 1–11.
Firdaus, Muhamad. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together ( NHT ), 93–99.
Strategi, & Strategi, Pengertian. (n.d.). Abuddin Nata, Perspektif islam tentang strategi Pembelajaran (Jakarta: Kencana, 2009), 206. Siti Kusrini, Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Malang: Ikip Malang, 1995), 3.
Kemampuan, Perhatian Siswa 152. (n.d.). 152–175.
Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. (2013). 1(1), 24–44.
Teoretis, A. Landasan. (n.d.). Bab II Landasan Teoretis , Teknik Numbered Head Together ( Nht ), Motivasi Belajar , Kerangka Berfikir Dan Hipotesis. 11–42.
Yenni, Rika Firma, & Mathematics, International. (2007). Penggunaan Metode Numbered Head Together ( NHT ). (41), 33–42.
Copyright (c) 2024 TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.