IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH PENGGERAK (SMA BUDI MULIA KARAWANG)
Abstract
Kurikulum memiliki peran vital dalam dunia pendidik, sehingga kurikulum memang harus sejalan dengan zaman yang dinamis. Maka dari itu, peneliti melakukan riset untuk mencoba mendalami ttentang kurikulum dengan mengambil judul Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Penelitian ini menggunakan metode kualititatif. Hasil yang didapat dari penelitian ini berupa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang baik di SMA Budi Mulia, namun proses menajamenen ini harus ditingkatkan kembali. Ada beberapa kendala yang terjadi Ketika tahapan pelaksanaan.
Downloads
References
Atmaja, R., T.Ampuh, Ar, D., & Khairudin. (2015). Pelaksanaan Manajemen Kurikulum pada SMP Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(4).
Berlian, ujang C., Solehah, S., & Rahayu, P. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Journal of Educational and Language Research, 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Hamalik, O. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Kemendikbud. (2022). Kenali 3 Opsi Ini Sebelum Mendaftar Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kenali-3-opsi-ini-sebelum-mendaftar-implementasi-kurikulum-merdeka-jalur-mandiri/
Kemendikbud. (2023). Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/#alur
Leo Agustino. (2008). Dasar-dasar Kebijakan Publik. Alfabeta.
Nursayidah. (2018). Metodologi Penelitian Disertai dengan Contoh Penerapannya dalam Pendidikan. Zifatama Jawara.
Rusdiana, & Wulan, E. R. (2022). Manajemen Kurikulum: Konsep , Prinsip, dan Aplikasinya di Sekolah atau Madrasah. Arshad Press.
Sandu, Siyoto, Ali, M., & Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Zamzami. (2022). Naskah Akademik Program Sekolah Penggerak.
Copyright (c) 2025 Alifianda Intania, Slamet Sholeh, Kholid Ramdhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.