PEMANFAATAN LEARNING ANALYTICS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI MATERI GIBAH DAN TABAYYUN SISWA KELAS VII DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.70281/95r3az13Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pemanfaatan Learning Analytics dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi Gibah dan Tabayyun di kelas VII SMP BELL School Surabaya. Learning Analytics sebagai pendekatan analisis data pembelajaran di era digital memungkinkan guru memantau aktivitas belajar siswa secara real time, mengidentifikasi kesulitan belajar, serta memberikan intervensi pembelajaran yang tepat sasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan mengombinasikan data kuantitatif dari hasil evaluasi belajar, data aktivitas siswa dalam Learning Management System (LMS), serta data kualitatif dari observasi dan wawancara guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LA memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran, ditunjukkan melalui peningkatan nilai post-test sebesar 28%, peningkatan tingkat penyelesaian tugas dari 63% menjadi 92%, serta peningkatan partisipasi diskusi digital. Faktor pendukung penerapan LA meliputi budaya digital sekolah yang cukup maju, kesiapan infrastruktur, dan antusiasme siswa terhadap media digital. Adapun hambatan yang muncul yaitu keterbatasan literasi data guru PAI, waktu analisis data yang cukup panjang, serta ketergantungan pada jaringan internet. Secara keseluruhan, pemanfaatan LA terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terkait materi Gibah dan Tabayyun, serta membantu membentuk karakter siswa yang lebih bijak dalam berkomunikasi dan menyaring informasi di era digital.
Downloads
References
A’ini, N. N., & Majidi, M. W. (2025). Pengembangan Video Pembelajaran PAI Materi Menghindari Gibah dan Melaksanakan Tabayun Terhadap Kesesuaian Nilai-Nilai Islam dalam Konteks Komunikasi Digital. Jurnal SCRIPT - Padma Universitas AKPRIND Indonesia.
Al Bahiy, Muhammad, Pemikiran Islam Modern, terj. Su’adi Sa’ad, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1986.
Alavi, S. M. (2018). Integrating Educational Technology in Islamic Education. Journal of Islamic Education Research, 4(1), 1-15.
Al-Qardhawi, Y. (2000). Fiqih Prioritas: Panduan Kaum Muslimin di Abad 21. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar. (Rujukan klasik tentang Gibah dan prioritas etika Islam).
Bates, A. W. (2019). Teaching in a Digital Age: Guidelines for Designing Teaching and Learning. BCcampus Open Publishing.
Boyd, D. (2014). It's Complicated: The Social Lives of Networked Teens. Yale University Press.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
Ellen Mandinach & Edith Gummer, Data-Driven Decision Making in Education, Harvard Education Press, 2016.
Gasevic, D., Dawson, S., & Siemens, G. (2015). Let’s Not Forget: Learning Analytics Is About Learning. SOLAR Conference Proceedings.
Gasevic, D., Dawson, S., & Siemens, G. (2015). Let’s Not Forget: Learning Analytics Is About Learning. SOLAR Conference Proceedings.
Hariyanto dan Samani Muchlas, 2011, Konsep dan Model Pendidikan Karakter Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Hernandi, Yoggi, Pendidikan Karakter sebagai Pondasi Kesuksesan Peradaban Bangsa, dalam http://dikti.kemdiknas.go.id/index.php?option=com_content&view= article&id=1540: pendidikan-karakter-sebagai-pondasi-kesuksesan-peradaban-bangsa&catid=143:beritaharian, (31 Mei 2023).
Hidayat, R. (2021). Etika Digital dalam Perspektif Islam: Analisis Materi Gibah dan Tabayyun. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(1), 45-60.
Hidayat, R. (2021). Etika Digital dalam Perspektif Islam: Analisis Materi Gibah dan Tabayyun. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(1), 45-60. (Menguatkan bahwa Tabayyun adalah keterampilan literasi digital).
Huda, Nurul, 2011,Meninggalkan Takabur Menuju Syukur, TK: Mitra Press.
Islam, Mihayatul, “Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Undang-Undang, Simak Penjelasannya,” Diakses pada 06 Agustus 2022, https://mihayatulislam.sch.id/index.php?id=berita&kode=34.
Khalil, M., & El-Kishky, M. (2022). Personalized Intervention in Islamic Studies Using Learning Analytics. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 19(1).
Khalil, M., & El-Kishky, M. (2022). Personalized Intervention in Islamic Studies Using Learning Analytics. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 19(1).
Lockyer, L., Heathcote, E., & Dawson, S. (2013). Learning Analytics and Feedback: Opportunities and Limitations. Australasian Journal of Educational Technology, 29(5), 677-691.
Lockyer, L., Heathcote, E., & Dawson, S. (2013). Learning Analytics and Feedback: Opportunities and Limitations. Australasian Journal of Educational Technology, 29(5), 677-691.
Long, P., & Siemens, G. (2011). Penetrating the Fog: Analytics in Learning and Education. Educause Review, 46(5), 30-40.
Long, P., & Siemens, G. (2011). Penetrating the Fog: Analytics in Learning and Education. Educause Review, 46(5), 30-40.
Majid, Abdul dan Dian Andayani, 2012, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT Rosda Karya.
Muhajir, N. (2020). Evaluasi Pembelajaran PAI yang Komprehensif: Integrasi Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 165-180.
Muhajir, N. (2020). Evaluasi Pembelajaran PAI yang Komprehensif: Integrasi Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 165-180.
Mulyasa, 2011, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mulyasana, Dedy, 2011, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustoip, Sofyan, 2018, Implementasi Pendidikan Karakter, Surabaya: Jakad Publising
Nasoha, A. M. M. (2025). Etika Komunikasi dalam Islam: Analisis terhadap Konsep Tabayyun dalam Media Sosial. STIS Nurul Qarnain. (Mengaitkan Tabayyun dengan etika komunikasi digital berdasarkan Al-Qur'an).
Papamitsiou, E., & Economides, A. A. (2014). Learning Analytics and Educational Data Mining: A Review and a Case Study. Educational Technology & Society, 17(4), 314-328.
Papamitsiou, E., & Economides, A. A. (2014). Learning Analytics and Educational Data Mining: A Review and a Case Study. Educational Technology & Society, 17(4), 314–328.
Raharjo, Sabar Budi, ”Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia”, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, Nomor 3, Mei 2010, https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/456/303
Rebecca Ferguson, Ethical Challenges in Learning Analytics, LAK Conference Proceedings, 2012.
Samani, Muchlas dan Hariyanto, 2017, Pendidikan Karakter, Bandung: PT Rosdakarya.
Selwyn, N. (2019). The Digital Learning Revolution? Analysing the Political and Educational Agenda of Learning Platforms. Learning, Media and Technology, 44(2), 173-187.
Siemens, G. (2005). Connectivism: A Learning Theory for the Digital Age. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 2(1).
Siemens, G., & Gasevic, D. (2012). Learning Analytics: Today and Tomorrow. SOLAR Conference Proceedings.
Slade, S., & Prinsloo, P. (2013). Learning analytics: Ethical issues and dilemmas. American Behavioral Scientist, 57(1), 1509–1528.
SoLAR (Society for Learning Analytics Research), Definition of Learning Analytics, 2011.
Sukitman, Tri, “Internalisasi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran (Upaya Menciptakan Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter),” Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 2, No. 2 (2016): 85, doi:10.26555/jpsd.v2i2.a5559.
Syafi'i, M. (2019). Media Sosial dan Budaya Tabayyun di Kalangan Remaja Muslim. Jurnal Komunikasi Islam, 9(1), 78-95.
Syafi'i, M. (2019). Media Sosial dan Budaya Tabayyun di Kalangan Remaja Muslim. Jurnal Komunikasi Islam, 9(1), 78-95. (Merujuk pada dampak Gibah yang diperluas oleh media sosial).
Tangahu, Werty, “Pembelajaran di Sekolah Dasar: Guru Sebagai Penggerak,” Jurnal Prosiding 4, no. 2 (September 2021): 4, https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1081
Viberg, O., & Bälter, O. (2018). The Role of Learning Analytics in Providing Personalized Feedback: A Systematic Review. Educational Technology Research and Development, 66(5), 1139-1163.
Viberg, O., & Bälter, O. (2018). The Role of Learning Analytics in Providing Personalized Feedback: A Systematic Review. Educational Technology Research and Development, 66(5), 1139–1163.
Wawancara dengan guru bidang studi Pendidikan Agama Islam (19/11).
Wibowo, Agus, 2013, Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Willis, J. E., III. (2014). Learning Analytics and Ethics: A Framework beyond Utilitarianism. EDUCAUSE Review.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ihya` Ulumuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



