Sistem Pendidikan Islam Pada Masa Kejayaan

Penulis

  • pengelola pengelola MIS Mu’inuddin Gawerejo Karangbinangun Lamongan ,

DOI:

https://doi.org/10.52166/tabyin.v2i2.130

Kata Kunci:

perkembangan pendidikan utsmani, perkembangan pendidikan daulah abbasiyah

Abstrak

Pendiri kerajaan utsmani adalah bangsa turki dan kabilah oghuz yang mendiami daerah mongol dan daerah utara negeri cina. Dalam jangka waktu sekitar tiga abad mereka pindah ke turki stand kemudian Persia dan irak. Kondisi pendidikan pada masa turki utsmani setelah mesir jatuh dibawah kekuasaan utsmaniah turki, sultan salim memerintahkan supaya kitab –kitab di perpustakaan dan barang – barang berharga dimesir dipindahkan ke Istanbul, anak- anak sultan mamluk, ulama- ulama, pembesar – pembesar yang berpengaruh di mesir semuanya di buang ke Istanbul.meninjau perkembangan pendidikan islam utsmani zaman pertengahan  tidak lepas dari setting budaya dan kondisi sosial politiknya. Kebudayaan turki merupakan perbaduan antara kebudayaan Persia, byzantine dan arab. Pada zaman modern secara praktis di ottoman terjadi stagnasi bidang ilmu dan teknologi. Kemajuan mileter dan utsmani tidak diimbangi dengan sains. Ketika pihak eropa berhasil mengembangkan teknologi persenjataan, pihak utsmani menderita kekalahan ketika terjadi kontak senjata dengan mereka.kemudian pendidikan islam pada masa daulah abbasiah merupakan masa kejayaan islam dalam berbagai bidang, khusunya bidang pengetahuan dan teknologi. Ada beberapa hal atau komponen pendidikan yang mendukung kemajuan dan kejayaan daulah abbasiyah yaitu; kurikulum, metode pengajaran dan murid.

Diterbitkan

2020-12-26

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Sistem Pendidikan Islam Pada Masa Kejayaan. (2020). TABYIN: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 2(2), 75-84. https://doi.org/10.52166/tabyin.v2i2.130

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>